Pemprov Kepri Akan Membentuk Satgas Pencegahan dan Pengendalian PMK pada Hewan Ternak - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Pemprov Kepri Akan Membentuk Satgas Pencegahan dan Pengendalian PMK pada Hewan Ternak

Pemprov Kepri Akan Membentuk Satgas Pencegahan dan Pengendalian PMK pada Hewan Ternak

Pemprov Kepri Akan Membentuk Satgas Pencegahan dan Pengendalian PMK pada Hewan Ternak
Sekdaprov Kepri Adi Prihantara Saat Memimpin rapat koordinasi tentang rencana pembentukan Satgas pencegahan dan pengendalian PMK pada hewan ternak di Ruangan Rapat Sekda Lantai 3, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (25/5/2022) (Fhoto : Ist)


TANJUNGPINANG, Infokepri.com
– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) pencegahan dan pengendalian penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

"Tugas Satgas ini adalah untuk mengawasi jalur lalu lintas hewan ternak yang masuk ke wilayah Kepri, tetapi juga membantu di dalam konsep memenuhi kebutuhan masyarakat saat Idul Adha 1443 H," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Kepri Adi Prihantara saat memimpin rapat koordinasi pada Rabu (25/5) di Ruangan Rapat Sekda Lantai 3, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang.

Rapat tersebut dilakukan untuk menjalankan perintah dari Kementerian Pertanian dan Instruksi Presiden RI Joko Widodo terkait dengan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjadi pandemi bagi ternak berkuku belah.

“ Satgas ini dibentuk untuk menyederhanakan birokrasi lintas organisasi perangkat daerah dalam penanganan PMK di Kepri,” katanya.

Sekdaprov Adi mengatakan ditengah pandemic bagi ternak berkuku belah, pihaknya harus memikirkan dan memberikan langkah yang terbaik, karena saat yang bersamaan daerah kita memerlukan hewan qurban untuk persiapan Idul Adha 1443 H yang akan datang.

Ia menyebut penyakit mulut dan kuku dari sapi tidak menular. Dagingnya masih aman dikonsumsi apabila dipisahkan dari organ tubuh yang terkena PMK kemudian ditangani dengan benar dan diproses dengan baik sesuai standar operasional prosedur.

Terakhir, Sekdaprov Adi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan seluruh jajarannya untuk kesiapsiagaan di masing-masing kabupaten/kota terkait dengan kesiapan menjelang Idul Adha 1443 H maupun dalam rangka mengantisipasi merebaknya PMK di Kepri.  (rdk)


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel