Pungutan Uang Perpisahan, Beli Baju Guru, Ini Kata Kepsek SD 007 Pangkalan Kerinci - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Pungutan Uang Perpisahan, Beli Baju Guru, Ini Kata Kepsek SD 007 Pangkalan Kerinci

Pungutan Uang Perpisahan, Beli Baju Guru, Ini Kata Kepsek SD 007 Pangkalan Kerinci

Pungutan Uang Perpisahan, Beli Baju Guru, Ini Kata Kepsek SD 007 Pangkalan Kerinci
Gedung SD N 007 Pangkalan Kerinci, Senin (30/5/2022) (Fhoto : Ist)



PELALAWAN, Infokepri.com
-  Sejumlah orang tua murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 Pangkalan Kerinci memperbincangkan pungutan uang perpisahan kelas VI yang jumlah sebesar Rp 310 ribu,- persiswa.

Padahal perpisahan itu digelar berdasarkan hasil rapat orang tua murid dengan pihak komite sekolah dan acara perpisahannya sudah digelar minggu lalu di Gedung Daerah Laksmana Mangkudiraja.
 
"Total uang perpisahan tersebut sebesar Rp 310 ribu,- persiswa,  uang sebanyak itu dalam kondsi sulit seperti ini sangat berarti bagi kami, " ujar salah satu orang tua wali murid yang enggan namanya disebutkan, Senin(30/5/2022) kepada sejumlah media.

Ia menyebut dirinya bukan tidak mendukung acara perpisahan tersebut, kondisi pandemi dan terpuruknya ekonomi masyarakat saat ini semestinya menjadi perhatian dan pertimbangan besaran pengutipan uang perpisahan tersebut.

Kepala Sekolah ( Kepsek) SD 007 Nuraslinda saat ditemui sejumlah awak media di ruang kerjanya membenarkan adanya pengutipan uang perpisahan anak kelas VI SD.
 
Ia mengatakan perpisahan itu digelar atas ide beberapa orang tua murid saat rapat membahas masalah ujian. Dalam rapat tersebut, beliau mengatakan kepada orang tua murid mengenai perpisahan bukan wewenang pihak sekolah tetapi wewenang dari pihak komite sekolah.

“ Pengutipan uang perpisahan sekolah bukan dari usulan pihak sekolah melainkan dari hasil rapat komite sekolah bersama orang tua atau wali murid,” katanya.

Hasil rapat orang tua murid dengan pihak komite sekolah yang digelar di Gedung Daerah, jumlah uang perpisahan disepakati sebesar Rp. 310 ribu,-

“ Sebenarnya uang perpisahan itu awalnya disepakati Rp 280 ribu,- persiswa. Tetapi ada beberapa siswa yang merupakan anak yatim piatu dan hasil rapat mereka untuk anak yatim piatu disepakati diberikan gratis. Sedangkan bagi siswa yang kurang mampu uang perpisahannya sebesar Rp 150 ribu,-  per siswa, " kata Nuraslinda kepsek SD 007.

Ia menyebut jumlah seluruh siswa kelas VI seluruhnya sebanyak 181 orang, yang tergabung dalam enam kelas. Setiap kelas jumlah rombongan belajar (Rombel) sebanyak 25 sampai 29 orang.  Jumlah siswa anak yatim sebanyak 17 orang dan 12 orang anak kurang mampu selebihnya beramal.

Ditambahkannya, jumlah total seluruh uang perpisahan yang dikumpulkan itu sekitar Rp 48 juta,- dengan rincian yakni, uang kebersihan gedung daerah,  katering makanan, snack, musik, dan baju melayu sepasang untuk 58 orang guru sebagai cendramata.(jait)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel