Babinsa Andi Hakim Membantu Pekerja Membangun Jamban dan Mengapresiasi Dinas Perkim - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Babinsa Andi Hakim Membantu Pekerja Membangun Jamban dan Mengapresiasi Dinas Perkim

Babinsa Andi Hakim Membantu Pekerja Membangun Jamban dan Mengapresiasi Dinas Perkim

 

Babinsa Andi Hakim Membantu Pekerja Membangun Jamban dan Mengapresiasi Dinas Perkim
Babinsa Desa Selemam, Serda Andi Hakim, dampingi dan membantu para pekerja jamban.di RT 04/RW 02, Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Selasa (14/06/2022) (Fhoto : Bernard Simatupang).


NATUNA, Infokepri.com
- Hingga saat ini tingkat pelayanan sanitasi diberbagai desa disejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Natuna, seperti di Desa Selemam Kecamatan Bunguran Timur Laut yang masih membuang kotorannya secara langsung di lingkungan sekitarnya masih banyak terjadi tanpa akses jamban yang memadai.

Hal ini disampaikan Babinsa Desa Selemam, Serda Andi Hakim, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, saat melaksanakan komunikasi sosial dengan para pekerja jamban di RT 04/RW 02, Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Selasa (14/06/2022).

Dikatakan Serda Andi Hakim, penyebab utama ketidaklayakan sarana sanitasi mereka, selain faktor rendahnya kesadaran masyarakat untuk mengolah limbah cair rumah tangganya ke tangki septik, adanya keterbatasan dana untuk membangun jamban sehat di rumahnya masing-masing.

Mereka lebih memilih membuang tinja ke sembarang tempat seperti sungai, sawah, kebun, selokan, lobang galian terbuka dan lain-lain.

"Untuk mengantisipasi efek buruk yang ditimbulkan akibat buang air besar sembarangan, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Perkim memberikan bantuan pembangunan jamban yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu," ujar Andi Hakim.

Dalam kesempatan ini, Andi Hakim turun langsung bersama para pekerja jamban. Ia mendampingi dan membantu pelaksanaan pembangunan jamban tersebut.

Saat membantu para pekerja, ia mengimbau para pekerja jamban untuk tetap menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan.

Ia juga berpesan kepada warga agar memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan dari pemerintah karena sangat berguna untuk kebersihan lingkungan dan kesehatan warga tentunya.

"Dengan adanya bantuan jamban ini, masyarakat dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diare, disentri, kolera, dan penyakit lainnya," terang Andi Hakim.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak mengatakan, sebagai aparat kewilayahan Babinsa harus mampu menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik dengan warga binaan sehingga tercipta kedekatan tanpa jarak dalam pelaksanaan tugas.

"Dengan demikian Babinsa bisa melihat langsung kondisi wilayah binaan yang meliputi data demografi, geografi dan kondisi sosial masyarakat di wilayah  sehingga dapat mencari solusi untuk mengatasi setiap masalah dan kesulitan yang dialami masyarakat," ungkap Danramil.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, pengamanan, dan  komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Hasbul Hasyiek Lubis. (IK/Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel