Bupati bersama Ketua TP PKK Pasbar Menyambut Tim Penilai dari Provinsi Sumbar - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Bupati bersama Ketua TP PKK Pasbar Menyambut Tim Penilai dari Provinsi Sumbar

Bupati bersama Ketua TP PKK Pasbar Menyambut Tim Penilai dari Provinsi Sumbar

Bupati Pasbar Hamsuardi bersama Forkopimda, Ketua TP PKK Pasbar Ny Titi Hamsuardi, Wakil Ketua TP PKK Pasbar Ny Fitri Risnawanto Saat Menyambut Tim Penilai dari Provinsi Sumbar di Kantor Wali Nagari Kinali, Kamis (2/6/2022) (Fhoto : Ist)


PASAMAN BARAT, Infokepri.com
– Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi bersama Forkopimda, Ketua TP PKK Pasbar Ny Titi Hamsuardi, Wakil Ketua TP PKK Pasbar Ny Fitri Risnawanto, stakeholder terkait beserta jajarannya menyambut Tim Penilai Lomba Gerakan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Kantor Wali Nagari Kinali, Kamis (2/6/2022).

Tim Penilai Lomba Gerakan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar ini diketuai oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Ny Amelia Audy Joinaldy.

Bupati Pasbar Hamsuardi dalam sambutannya mengatakan, tim penggerak PKK merupakan mitra pemerintah daerah dalam menjalankan program pembangunan dan program pemberdayaan di tengah masyarakat.

"Untuk itu dukungan dari tim PKK kabupaten, kecamatan, dan nagari sangat diharapkan pemerintah. PKK selama ini sudah berkolaborasi dengan OPD terkait, agar visi dan misi Kabupaten Pasbar dapat terwujud dengan baik" jelas Hamsuardi.

Dengan lahirnya salah satu inovasi yang merupakan kolaborasi dari beberapa OPD, yaitu aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat, merupakan jawaban dari berbagai aplikasi yang ada pada pemerintah. Sehingga melalui pengembangan yang baik, aplikasi ini bisa menjadi satu-satunya sumber data di Pasaman Barat.

Dalam sambutannya Hamsuardi berharap tim penilai lomba gerakan PKK tingkat Provinsi Sumbar dapat memberikan penilaian yang terbaik sehingga mampu memotivasi TP PKK Pasbar terus berkembang dan berbenah diri demi mensejahterakan masyarakat Pasbar.

Ketua TP PKK Pasbar Ny Titi Hamsuardi juga menjelaskan bahwa lomba gerakan PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 di Nagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat sudah dipersiapkan selama dua bulan.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa gerakan PKK pada hakekatnya merupakan gerakan masyarakat yang partisipatif. Melalui gerakan PKK peran aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan harus senantiasa ditingkatkan. Dalam perkembangannya, Gerakan PKK mampu menghadapi dinamika dan perubahan yang ada pada masyarakat sehingga dapat menumbuh kembangkan sikap dan perilaku masyarakat menjadi lebih baik, meningkatkan kemandirian pribadi dan keluarga serta menjadikan keluarga-keluarga hebat dan tangguh" katanya.

"Termasuk apa yang telah dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasaman Barat dalam menjawab dinamika masyarakat dengan melaksanakan 10 program pokok PKK.

Upaya yang sudah di lakukan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Bersama dengan TP.PKK Kecamatan dan para kader PKK adalah dengan mendorong setiap nagari untuk mendirikan rumah isolasi nagari. Salah satunya rumah isolasi nagari yang sudah ada di Nagari Kinali. Di Jorong Koja Nagari Kinali memiliki capaian vaksinasi tertinggi, anak usia sekolah di Kinali hampir 90 persen sudah divaksinasi.

"Untuk indikator PHBS tadi juga sudah disaksikan oleh Bapak Ibu dewan juri bahwa di Jorong Koja Nagari Kinali sudah melaksanakan 10 indikator PHBS. Yaitu persalinan sudah dilaksanakan di tenaga Kesehatan, persentase D/S atau ditimbang persasaran pada posyandu sudah diatas 80 persen, akses jamban sudah 100 persen, masyarakat sudah menggunakan air bersih yang layak dan aman, masyarakat sudah melakukan aktivitas fisik" ucapnya.

Titi Hamsuardi berharap penilaian ini tidak hanya dijadikan untuk perlombaan semata. Namun juga dijadikan sebagai bagian dari pembinaan dan evaluasi serta motivasi untuk menumbuhkan semangat untuk berkarya secara ikhlas dan tuntas dan mengembangkan kreatifitas untuk program gerakan PKK yang selaras dengan garis kebijakan dan program-program pemerintah.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Gerakan PKK Provinsi Sumbar Ny Amelia Audy Joinaldy menjelaskan penilaian gerakan PKK tahun 2022 merupakan bagian dari program kerja tim penggerak PKK Provinsi Sumbar, untuk memantau serta mengevaluasi sejauh mana capaian 10 program PKK yang telah dilaksanakan di Kabupaten Pasbar. Ada lima poin yang akan di nilai, yakni penilaian lomba tertib administrasi PKK, lomba pola asuh anak dan remaja di era digital, lomba usaha peningkatan pendapatan keluarga PKK dan vlog produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), lomba kawasan amalkan dan kukuhkan halaman asri teratur indah dan nyaman, serta lomba PHBS plus.

"Dari lima jenis lomba yang akan dinilai, telah kita sepakati bersama bahwa berada di lokasi Nagari Kinali Kabupaten Pasaman Barat, walaupun saat memutuskan tahun 2022 masih belum melaksanakan lomba gerakan PKK tingkat nasional. Namun kita di Provinsi Sumatera Barat tetap melaksanakannya sepanjang telah dianggarkan dalam perencanaan kegiatan PKK provinsi tahun ini" kata Ny Amelia Audy Joinaldy.(Pdp)

 

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel