Lepas Keberangkatan 19 CJH, Bupati Nizar : Semoga Membawa Predikat Haji yang Mabrur dan Mabrurrah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Lepas Keberangkatan 19 CJH, Bupati Nizar : Semoga Membawa Predikat Haji yang Mabrur dan Mabrurrah

Lepas Keberangkatan 19 CJH, Bupati Nizar : Semoga Membawa Predikat Haji yang Mabrur dan Mabrurrah

Lepas Keberangkatan 19 CJH, Bupati Nizar : Semoga Membawa Predikat Haji yang Mabrur dan Mabrurrah.
Bupati Lingga, Muhammad Nizar Saat Melepas CJH Asal Kabupaten Lingga di Masjid Azulfa, Dabosingkep, Minggu (12/06/2022) (Fhoto : Ist)



LINGGA, Infokepri.com
– Bupati Lingga, Muhammad Nizar  menghadiri kegiatan rangkaian ibadah haji di tanah suci, Mekkah, Arab Saudi dan melepas 19 Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 2022/1443 H di Masjid Azulfa, Dabosingkep, Minggu (12/06/2022).

Dalam sambutannya, Bupati M Nizar mengatakan dirinya sangat bersyukur karena setelah 2 tahun terkendala akibat pandemi Covid-19 akhirnya para CJH dapat berangkat ke tanah suci.

Ia menyebut tahun ini merupakan tahun percobaan dilakukan pemerintah Arab Saudi membuka kembali kegiatan ibadah haji. Namun, pada prosesnya diberlakukan aturan secara ketat. Para JCH, setidaknya dinyatakan sehat walafiat, terhindar dari penyakit serta diberlakukan pembatasan umur. 

Lebih lanjut dikatakannya, semula JCH berjumlah lebih kurang 40 jama'ah, karena diberlakukan 50 persen kouta, hingga menjadi 20 jama'ah. Satu jama'ah mengundurkan diri dan menyisakan 19 JCH, yang siap diterbangkan ke Mekkah melalui embarkasi Kota Batam.

Para JCH tersebut, direncanakan masuk ke Asrama Haji, Batam pada Selasa besok, namun diberangkatkan lebih cepat satu hari untuk meminimalisir kelelahan jemaah, dalam perjalanan menuju Kota Batam.

Adapun 19 JCH tersebut terdiri dari 1 orang dari Kecamatan Lingga, 2 orang dari Lingga Utara, 10 orang dari Singkep, 2 orang dari Selayar, dan 4 orang dari Senayang.

"Selamat menunaikan ibadah haji, semoga selalu diberikan kesehatan keselamatan oleh Allah SWT, dan pulang ketanah air dengan manjadi haji dan hajah yang mabrur dan mabrurrah," kata Nizar.

Ia juga berpesan agar para JCH senantiasa menjaga sikap dan perilaku, kesehatan dan lainnya selama melakukan proses ibadah. Ibadah haji ini merupakan rukun Islam yang kelima, wajib dilakukan namun wajib bagi yang mampu baik secara mental, materi dan fisik.

"Tentu ini izin dari Allah SWT, ini bukan hanya sebagai tamu Allah saja, namun tamu dari suatu negara. Menjaga nama negara, provinsi dan Kabupaten Lingga," terang dia.

Nizar berharap JCH betul-betul memantapkan niat ke tanah suci kerana Allah SWT. Berangkat dengan keadaan sehat dan pulang nanti dengan sehat, membawa predikat haji yang mabrur dan mabrurrah. 

Ia juga berpesan agar para CJH di tanah suci, berdoa agar bangsa lebih baik, Kabupaten Lingga lebih baik. 

“ Menjaga kesehatan, jangan sampai sakit selama proses haji. Alhamdulillah, bismillah atas izin Allah kami semua melepaskan bapak ibu jamaah calon haji, mudah-mudahan lancar dan aman," tambah Nizar. 

Sementara Kepala Kantor Kemenag Lingga, Muhammad Nasir mengatakan sebagai Amirul hajj dirinya bertanggung jawab, atas keberangkatan CJH tersebut. Pelepasan ini, merupakan upaya mendukung kepada para JCH, menunaikan rukun Islam yang ke lima, meski masih transisi masa pandemi ke endemi.

"Alhamdulillah malam ini, meski masih transisi antara pandemi ke andemi, namun kita dapat memberangkatkan jemaah haji dapat kita berangkatkan ke tanah suci," ucap dia.  (Syaf)

 

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel