Bupati Wan Siswandi Pimpin Rakor Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Natuna 2022 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Wan Siswandi Pimpin Rakor Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Natuna 2022

 

Bupati Wan Siswandi Pimpin Rakor Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Natuna 2022
Bupati Natuna Wan Siswandi, didampingi Ketua FKKS Natuna Septi Dwiani Siswandi, saat memimpin Rapat Koordinasi Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Natuna 2022, di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Kamis (97/07/2022).(Fhoto : Ist).

NATUNA, Infokepri.com - Bupati Natuna Wan Siswandi, didampingi Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Natuna, Septi Dwiani Siswandi, memimpin rapat koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Natuna 2022, di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Kamis (97/07/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Natuna, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Natuna dan Germas.

Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan dalam rapat koordinasi ini bertujuan untuk menegaskan kembali rancangan pedoman penyelenggaraan kabupaten kota sehat  

"Dalam mewujudkan penyelenggaraan kabupaten kota sehat, perlu sinergitas seluruh dinas terkait. Sehingga forum ini di inisiasi untuk mempermudah jalur komunikasi dan efisiensi koordinasi antar OPD, Germas, dan Instansi. Kita berharap penyelenggaraan kabupaten kota sehat dapat memiliki dampak bagi masyarakat Kabupaten Natuna," jelas Wan Siswandi.

Lebih lanjut Wan Siswandi menekankan, ada beberapa instrumen-instrumen yang harus ditargetkan untuk memenuhi standar Kabupaten Kota Sehat.

"Kabupaten Kota sehat barometernya tidak hanya kesehatan secara fisik, tapi lingkungan, keamanan, pendidikan serta tata kelola kota. Sehingga indikator ini harus terukur, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah, secara umum menjelaskan bahwa Kabupaten Kota Sehat adalah dimana setiap orang berhak untuk mendapatkan lingkungan hidup sehat.

"Ada 3 indikator utama yang menjadi tolak ukur diantaranya layanan kesehatan, pola hidup sehat serta lingkungan yang sehat. Sehingga adalah tugas kita bersama sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk meningkatkan capaian target indikator," kata Hikmat Aliansyah.

Lebih lanjut Hikmah Aliansyah menambahkan, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan, diantaranya adalah pembentukan kelembagaan yang solid. Dalam proses kelembagaan, dimulai dari desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga Provinsi sampai Nasional.

"Dalam Kabupaten Kota Sehat ini, jika kita memenuhi standar yang ditetapkan, maka kita akan mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat. Dengan indikator keberhasilan masing-masing kategori berada diangka diatas 91 %. Kita berharap dengan adanya rapat koordinasi hari ini, kita dapat berbagi tugas dan pemikiran sehingga capaian indikator dapat kita penuhi," tutur  Hikmah Aliansyah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat, Septi Dwiani Siswandi dalam sambutannya menjelaskan kepada masing-masing Camat membentuk forum kecamatan sehat.

"Dimana masing masing kecamatan dapat membentuk Forum Kecamatan Sehat yang merupakan kumpulan dari forum kelurahan sehat. Saya berharap masing masing camat dapat menjalankan koordinasi untuk mempercepat target capaian indikator Kabupaten Kota Sehat 2022. Mengingat Camat adalah garda terdepan di masing masing kecamatan yang langsung berkoordinasi dengan masyarakat," ujar Septi Dwiani.

Selanjutnya, Kepala Bapeda Natuna Musthofa juga menegaskan bahwa Kabupaten Kota Sehat bukan hanya tanggung jawab forum sehat, namun bagaimana kita juga membangun kemitraan lintas sektoral. Sehingga semua orang merasa punya tanggung jawab yang sama untuk menjaga Kabupaten Natuna yang sehat dan bersih.

Musthofa juga menekankan yang jauh lebih penting adalah semua kegiatan Forum Kabupaten Kota Sehat harus melibatkan masyarakat, dimana kita membiasakan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kawasan lingkungan sehat.

Pemerintah Kabupaten Natuna berharap seluruh pihak yang terlibat, dapat mengambil perannya dengan maksimal untuk sama-sama mewujudkan Kabupaten Kota Sehat Natuna 2022. Dengan KKS lebih bersih, lebih nyaman dan lebih sehat. (Nard/R).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel