Jefridin Dorong Perempuan Tani HKTI Kota Batam Melakukan Urban Farming - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Jefridin Dorong Perempuan Tani HKTI Kota Batam Melakukan Urban Farming

Sekda Kota Batam Jefridin Hamid Menyampaikan Sambutannya Saat Menghadiri Pelantikan Pengurus DPC Perempuan Tani HKTI Kota Batam Periode 2022-2027 di Golden Prawn, Selasa (19/7) (Fhoto : Ist)

BATAM, Infokepri.com – Batam dikembangkan sebagai daerah industri perdagangan, alih kapal dan pariwisata dan setiap tahun masyarakatnya membutuhkan bahan pangan yang cukup besar.

“ Karena Batam bukan daerah pertanian, bahan pangan kerap menyumbang inflasi, seperti bayam dan cabai,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid saat menghadiri pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perempuan Tani HKTI Kota Batam Periode 2022-2027 di Golden Prawn, Selasa (19/7).

Jefiridin yang juga Ketua Harian Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam, meminta Perempuan Tani HKTI dan HKTI dapat melakukan urban farming seperti hidroponik untuk memproduksi bahan pangan khususnya cabe dan sayur mayur lainnya.

Ia menyebut bercocok tanam dengan hidroponik dapat disejalankan dengan pembuatan pupuk dari sisa makanan kita dari rumah.
Dalam kesempatan itu, Jefridin juga mendorong Perempuan Tani HKTI berkoordinasi dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam yang juga masuk dalam jajaran pembina. Seperti diketahui, GOW Batam yang kini dipimpin Marlin Agustina Rudi yang juga Wakil Gubernur Kepri sedang giatnya memiliki program pilah sampah.

“Pengurus yang baru dilantik kalau bisa dalam waktu dekat adakan audiensi dengan Ibu Marlin untuk melaraskan program, kalau itu dilakukan pasti banyak faedahnya,” harap dia.

Penyelarasan ini akan membantu pengurangan sampah untuk dibawa ke TPA. Sampah organik dapat dijadikan pupuk, sementara sampah non organik dapat didaur  ulang dan mendatang manfaat ekonomi.

“Ini juga dijalankan oleh Ibu Marlin melalui program-programnya di TP PKK juga,” kata Jefdirin.

Ia juga menyebut bahwa sejatinya Batam memiliki rencana menyiapkan satu pulau untuk pertanian, ini akan tetap menjadi fokus Pemko Batam namun belum terealisasi dalam waktu dekat.

Sementara itu, sudah mahsyur diketahui pembangunan Batam kini gencar dilakukan dari akses, bandara, pelabuhan dan lain sebagainya tanpa melupakan urusan kemasyarakatan lainnya. Ia mengajak semua pihak untuk andil menyukseskan berbagai lompatan pembangunan.

“Sebagai daerah industri dan pariwisata juga perdagangan, jalan Batam memang harus bagus. Kalau tidak, investor nggak mau masuk dan wisatawan tidak akan mau datang. Jadi mari sukseskan pembangunan Batam,” ajaknya.

Jefridin juga menyampaikan salam Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang juga Kepala BP Batam tak bisa hadir karena ada tugas lain. Mewakili Walikota, Jefridin mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dilantik.

“Beliau tidak bisa hadir karena saat ini beliau berada di luar kota. Saya diperintahkan untuk hadir menyaksikan pelantikan ini dan menyampaikan beberapa pesan beliau,” ucap Jefridin. (red)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel