WHO Nyatakan Wabah Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan Global - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
WHO Nyatakan Wabah Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan Global

WHO Nyatakan Wabah Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan Global

 

WHO Nyatakan Wabah Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan Global
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom (foto: Reuters)


JAKARTA,Infokepri.com
  - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian Internasional sebagai hasil dari pertemuan komite darurat.

Diketahui, WHO mengadakan pertemuan komite darurat pada Kamis 23 Juli 2022 untuk membahas tingkat keparahan wabah cacar monyet, dan hasil rapat diumumkan pada Sabtu (25/6/2022).

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, wabah cacar monyet yang menyebar dengan cepat merupakan keadaan darurat kesehatan global, tingkat kewaspadaan tertinggi WHO.

"Untuk semua alasan ini, saya telah memutuskan bahwa wabah cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian Internasional,” kata Tedros seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (23/7/2022).

"Darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian Internasional, membunyikan alarm respons Internasional yang diperlukan dan dapat membuka pendanaan dan upaya global untuk berkolaborasi dalam berbagi vaksin dan perawatan," bebernya.
Menurut Tedros, WHO menilai bahwa risiko cacar monyet adalah moderat secara global dan di semua wilayah kecuali di kawasan Eropa.

"Di mana kami menilai risikonya tinggi,” tuturnya.

"Kita tahu bahwa dari negara-negara yang melaporkan kasus saat ini, kira-kira setengahnya sudah mendapatkan akses ke vaksin ini. Untuk setengah lainnya, kami tidak tahu untuk saat ini. Kami memiliki beberapa informasi bahwa beberapa dari mereka sedang dalam diskusi dengan produsen untuk pengadaan vaksin ini," pungkasnya. (Okezone.com)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel