Dewi Ansar Membuka Kegiatan Pemberdayaan dan Pembinaan Suku Laut - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Dewi Ansar Membuka Kegiatan Pemberdayaan dan Pembinaan Suku Laut

Dewi Ansar Membuka Kegiatan Pemberdayaan dan Pembinaan Suku Laut
Ketua LKKS Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar Menyerahkan Bingkisan kepada Warga yang Mengikuti kegiatan Pemberdayaan dan Pembinaan Suku Laut di Desa Kelumu, Kabupaten Lingga, Selasa (30/8) (Fhoto : Ist) .


LINGGA, Infokepri.com
– Sekitar 75 warga Desa Kelumu mengikuti kegiatan Pemberdayaan dan Pembinaan Suku Laut yang digelar Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Kepri di Desa Kelumu, Kabupaten Lingga, Selasa (30/8). 

Dalam kegiatan ini panitia menghadirkan perwakilan dari Dinas Kesehatan Lingga sebagai narasumber.
Salah satu materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut adalah Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dapat diterapkan di lingkungan  rumah tangga, sekolah, tempat kerja, maupun  kehidupan sehari-hari masyarakat. Secara umum, gerakan PHBS  meliputi berbagai langkah untuk membiasakan diri  dalam menjalani perilaku hidup sehat.

Ketua LKKS Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar saat membuka kegiatan ini mengajak kepada warga Desa Kelumu agar dapat  menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-harinya. Menurut Dewi, PHBS bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan  masyarakat. 

Dewi Ansar yang juga KetuaTP-PKK Kepri mengatakan PHBS  mencakup beberapa hal yang harus kita lakukan yaitu  mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan toilet/jamban untuk buang air  besar maupun kecil dan menjaga kebersihannya, menggunakan air bersih, mengkonsumsi makanan sehat dan bersih, termasuk sayur dan buah-buahan.

Ia menyebut PHBS juga sangat berpengaruh pada gizi keluarga terutama  pada anak. Pemenuhan gizi pada anak menurut Dewi, dapat melalui nutrisi atau makanan yang sehat dan bersih juga  merupakan hal yang  sangat penting  diperhatikan agar anak terhindar dari stunting  atau kurang gizi.

Ia juga mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau dan  seluruh peserta yang telah mendukung dan  berpartisipasi pada acara Pemberdayaan Suku Laut  Desa Kelumu ini.

"Sebagaimana yang kita ketahui bersama,  pemberdayaan adalah proses mengembangkan  kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan  cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  guna mewujudkan situasi dan kondisi yang lebih  baik," kata Dewi Ansar.

Lanjut, Dewi Ansar mengatakan meskipun pemberdayaan memiliki manfaat dan  tujuan yang sangat baik, namun akan dapat  terlaksanakan apabila masyarakat turut medukung  dan berpartisipasi dengan baik.

Dipenghujung sambutannya, Dewi Ansar meminta kepada seluruh peserta Pemberdayaan yaitu masyarakat Suku Laut Desa Kelumu agar dapat mengikuti  kegiatan Pemberdayaan ini dengan sebaik-baiknya.

“ Tujuan dari Pemberdayaan yang  dilakukan ini tentunya untuk membawa kita ke situasi  dan kondisi yang lebih baik," harapnya. (ky)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel