Anggota DPRD Sumbar Syamsul Bahri Sosialisasikan Pengembangan Usaha Aren dan Alpukat - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
 Anggota DPRD Sumbar Syamsul Bahri Sosialisasikan Pengembangan Usaha Aren dan Alpukat

Anggota DPRD Sumbar Syamsul Bahri Sosialisasikan Pengembangan Usaha Aren dan Alpukat

Anggota DPRD Sumbar Syamsul Bahri Sosialisasikan Pengembangan Usaha Aren dan Alpukat
Anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumbar Syamsul Bahri bersama Peserta Pelatihan Pengembangan Usaha Aren dan Alpukat di Jorong Rimbo Janduang, Nagari Lingkuang Aula Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Kamis (22/9/2022) (Fhoto : Ist)



PASAMAN BARAT, Infokepri.com
- Anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)  dari Fraksi PDI-P Syamsul Bahri melakukan pengabdian pada masyarakat tidak pernah termasuk dukungan pada 6 kelompok Perhutanan Sosial, dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Usaha Aren dan Alpukat untuk Kelompok Perhutanan sosial pada Wilayah Kelola KPHL Pasaman Raya.

Kegiatan yang digelar di Jorong Rimbo Janduang, Nagari Lingkuang Aula Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Kamis (22/9/2022) berlangsung sukses.

Pada kesempatan tersebut, Anggota DPRD Sumbar asal pemilihan Pasaman-Pasaman Barat tersebut juga memberikan pelatihan usaha aren dan alpukat, sekaligus memberikan bantuan bibit aren, alpukat, pinang dan batara.

Syamsul Bahri juga meminta pada kelompok Perhutanan Sosial untuk bisa menjadikan hutan sebagai sumber perekonomian masyarakat.

Dalam pelatihan dan pemberian bantuan, Syamsul Bahri selalu memotivasi masyarakat agar tetap semangat, dengan yel-yel merdeka, dan disambut gemuruh teriakan merdeka dari semua yang hadir.

“Merdeka!!! Mari kita tetap semangat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, khususnya untuk meningkatkan perekonomian, demi masa depan anak-cucu kita, karena saat ini banyak potensi yang bisa dikelola, khususnya pada bidang perhutanan, dengan melakukan budidaya aren,” tutur Syamsul Bahri sembari memberi motivasi.

Ditambahkan Syamsul Bahri, aren merupakan salah satu tanaman potensial, karena perbandingannya ekonominya 10 batang aren sama dengan 2 Ha sawit, karena itu semua pihak harus mendukung, baik bibit, pengolahan dan pemasarannya.

“Kita melihat potensi amat besar untuk budidaya aren ini, jadi harus kita dorong dan kita dukung pengembangannya, demi peningkatan perekonomian masyarakat, termasuk juga bagaimana Bank Nagari milik daerah bisa mengucurkan pinjaman pada petani perhutanan sosial tersebut dengan program SIMAMAK nya,” tambah Syamsul Bahri.

Ia juga memberikan beberapa tips atau cara pada petani, sehingga bisa mendapatkan pinjaman program SIMAMAK tersebut.

Terkait dengan motivasi dan bantuan bibit, Kepala KPHL Pasaman Raya Tera mengatakan pihaknya sangat terkesan dengan apa yang dilakukan Syamsul Bahri, karena sangat dibutuhkan masyarakat.

“Apa yang dilakukan pak Syamsul Bahri ini amat bermanfaat bagi masyarakat, karena motivasi serta tehnik dan bantuan bibit merupakan hal yang ditunggu masyarakat,” terang Tera.

Pernyataan tersebut juga ditambahkan salah seorang petani Perhutanan Sosial Alimin, dimana ia menilai Syamsul Bahri sosok yang harus dipertahan sebagai wakil mereka di DPRD Sumbar, karena tanpa pernah terhenti melakukan pengabdian pada masyarakat daerah pemilihannya.

“Setahu saya, belum 1 bulan pak Syamsul Bahri bertemu dan memberikan bantuan pada kelompok nelayan dan petani, sekarang bertemu dan memberi bantuan pada kami, ini merupakan sebuah pengabdian luar biasa, wakil rakyat seperti beliau harus tetap ada di DPRD Sumbar atau DPR-RI, sehingga masyarakat terbantu dan termotivasi,” tutup Alimin dengan semangat (Pdp)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel