Hadiri Diskusi bersama PosMetro Batam, Rudi Optimis Tahun 2029 Batam Menjadi Kota Modern - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Hadiri Diskusi bersama PosMetro Batam, Rudi Optimis Tahun 2029 Batam Menjadi Kota Modern

Hadiri Diskusi bersama PosMetro Batam, Rudi Optimis Tahun 2029 Batam Menjadi Kota Modern
Walikota Batam Muhammad Rudi (kanan) bersama Direktur Utama Posmetro, Haryanto di Kantor Posmetro Mega Legenda Blok E Nomor 2, Kamis (8/9). (Fhoto : Ist)


BATAM, Infokepri.com
  - Sejak dipercaya menjadi exofficio Kepala BP Batam tahun 2019 lalu, Walikota Batam Muhammad Rudi memanfaatkan momentum tersebut sebaik mungkin untuk terus memacu laju pembangunan.

“  Arah pembangunan oleh Pemko Batam dan BP Batam terkoordinasi dengan baik. Hal ini didukung juga pemerintah pusat serta andil pengusaha dan pihak lainnya,” kata Walikota Batam Muhammad Rudi saat menjadi pembicara dalam diskusi Metro Forum dan silaturahmi bersama Tim Posmetro di Kantor Posmetro Mega Legenda Blok E Nomor 2, Kamis (8/9).

Pesatnya pengembangan infrastruktur di Batam sudah dilakukan Rudi sejak dirinya menjabat Walikota Batam periode pertama pada tahun 2016 lalu. Sejak itu  selalu ada saja pembaharuan yang dilakukan, hal ini ditandai dengan pesatnya pembangunan di Batam.

"Sekarang 7 tahun Batam berangsur-angsur menjadi kota baru. 30 sampai 40 persen sudah mengalami pembaharuan, ini saya kira akan selesai 2029. Kenapa tahun itu, karena berbasis anggaran," ujarnya.

Menurutnya untuk menyelesaikan pembaharuan tersebut bisa stagnan ataupun normatif saja. Inovasi dan kerja nyata akan membuat kota ini semakin berkembang.

Ia menyebut dengan dukungan Pemerintah Pusat, serta andil pengusaha dan pihak lainnya, dirinya optimis target 2029 Batam menjadi kota modern akan tercapai dengan sempurna.

Satu persatu seluruh utilitas disiapkan, dari infrastruktur utama hingga pendukung. Rudi bahkan mengungkapkan, seiring pembangunan jalan ada ruang atau bagian jalan yang sengaja disiapkan, ini untuk mendukung jaringan, baik dari listrik, air, komunikasi dan lain sebagainya.

"Maka kami, Pemko dan BP sudah siapkan ini semua, baik regulasi hingga space lahan yang saya sebutkan tadi," imbuhnya.

Dalam pengembangannya, Batam mengedepankan pembangunan yang holistik. Jadi tak hanya industri yang sudah ada yang dijaga dan terus dikembangkan, namun juga sektor lain.

"Industri elektronik,  perkapalan dan lainnya  yang sudah jalan tetap jalan, pariwisata kita kembangkan juga. Saya ibaratkan permainan sepak bola, harus ada pemain cadangan.  Kalau hanya 11 orang kalau ada yang cidera, beresiko bagi tim," terangnya.

Ia mengatakan, pembangunan di Batam yang kini masif ini akan berpulang kepada masyarakat. Mengembangkan sektor potensial lain, juga merupakan cara agar masyarakat Batam semakin memiliki kesempatan untuk terus berkembang dan sejahtera.

"Kerja di sektor tertentu, misal perusahaan elektronik maupun kapal ada sudah kita ketahui ada batasan umur salah satunya. Maka dengan hadirnya sektor lain, seperti pariwisata kesempatan  (bekerja) semakin banyak," ujarnya.

Tidak hanya itu, sektor potensial baru juga diharapkan mampu menjadi tumpuan baru di tengah pertumbuhan penduduk Batam baik karena angka kelahiran maupun perpindahan penduduk.

"Secara utuh kita jalankan,  supaya kita semua semakin dapat menikmati hasil pembangunan," pungkasnya. (MC)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel