Peduli Ekosistem Laut, PT Timah Tbk Kembali Menanam Ratusan Mangrove di Pulau Setunak - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Peduli Ekosistem Laut, PT Timah Tbk Kembali Menanam Ratusan Mangrove di Pulau Setunak

Peduli Ekosistem Laut, PT Timah Tbk Kembali Menanam Ratusan Mangrove di Pulau Setunak

Peduli Ekosistem Laut, PT Timah Tbk Kembali Menanam Ratusan Mangrove di Pulau Setunak
Karyawan PT Timah Tbk bersama Masyarakat Menanam Ratusan Batang Mangrove di Pulau Stunak, Desa Tulang, Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun, Jumat (23/9/2022) (Fhoto : Ist)


KARIMUN, Infokepri.com
– Sebagai bentuk kepeduliannya dalam menjaga ekosistem laut, PT Timah Tbk kembali menanam ratusan batang mangrove di Pulau Stunak, Desa Tulang, Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun, Jumat (23/9/2022).

Jenis mangrove yang ditanam adalah jenis api-api dan bakau, penanamannya dilakukan oleh karyawan PT Timah Tbk bersama masyarakat dan Kelompok Nelayan Terpadu Kabupaten Karimun (NTKK) dan Pemerintah Desa Tulang

Sebelumnya, PT Timah Tbk juga telah menanam mangrove di kawasan ini sebagai upaya untuk menjaga kelestarian mangrove.  Selain menanam mangrove, juga dilakukan peninjauan lokasi budidaya pembesaran kepiting, budidaya mangrove dan hidroponik yang telah berjalan di Pulau Setunak.

Dengan ditanamnya mangrove ini diharapkan dapat menjaga eksosistem di sekitar, sehingga hewan laut seperti ikan, kepiting, dan udang dapat berkembang biak dengan baik yang diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Tak hanya itu, dengan adanya mangrove ini juga diharapkan dapat menahan abrasi.

Ketua Nelayan Pulau Stunak Apid, mengaku sangat senang dengan kegiatan penanaman mangrove ini. Hasil penanaman mangrove tahap sebelumnya diakuinya mangrove hidup dengan cukup baik.

"Sekarang kita coba tanam kembali pada lokasi yang berbeda  namun masih di sekitar Pulau Stunak. Sehingga diharapkan dengan terjaganya hutan mangrove di pulau Stunak ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap kehidupan masyarakat serta mengurangi dampak abrasi", terangnya.

Sementara itu, Ketua Nelayan Terpadu Kabupaten Karimun ( NTKK) Azizman mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah menanam mangrove. Pasalnya, menanam mangrove ini sangat penting untuk menjaga keberadaan Pulau Stunak dari abrasi.  

"Semoga kedepan apa yang kita tanam bersama ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik," ucapnya.

Senada, Kepala BPD Desa Tulang Irwansyah menyebutkan, selain kegiatan penanaman PT Timah telah banyak membantu masyarakat dengan program pemberdayaan di Pulau Setunak sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Bantuan PT Timah terhadap masyarakat di pulau Setunak sangat banyak, baik program ataupun bantuan langsung. Hal ini mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di sini," tandasnya. (Mes)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel