September ini Bawaslu Lingga Rekrutmen 39 Anggota Panwaslu Kecamatan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

September ini Bawaslu Lingga Rekrutmen 39 Anggota Panwaslu Kecamatan

September ini Bawaslu Lingga Rekrutmen 39 Anggota Panwaslu Kecamatan
Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lingga Zamroni (Fhoto : Syafruddin)


LINGGA, Infokepri.com
  - Masyarakat Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau yang ingin menjadi anggota panitia pengawas pemilu atau panwaslu bisa mempersiapkan diri.

Pasalnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga membuka pendaftaran panwaslu tingkat kecamatan untuk mengawal seluruh tahapan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Lingga Zamroni mengatakan pembentukan panwaslu kecamatan sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Dalam aturan tersebut dikatakan bahwa Pengawas Pemilu Ad hoc yaitu Panwaslu Kecamatan dibentuk oleh Bawaslu Kabupaten/Kota.
 
Menurut Zamroni, sesuai dengan pedoman pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilu 2024 dari Bawaslu RI, bahwa pengumuman pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan pada 15-21 September 2022 diikuti dengan tahap pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan di 13 kecamatan se-Kabupaten Lingga akan dilaksanakan pada 21 sampai 27 September.

"Bagi para pendaftar akan melalui beberapa tahapan seleksi, mulai dari administrasi, tertulis dengan metode CAT (computer assigted test) dan seleksi wawancara," katanya.

Persyaratan utama calon anggota panwaslu kecamatan, yaitu WNI berusia minimal 25 tahun yang berdomisili di wilayah Kabupaten Lingga dengan dibuktikan dengan KTP elektronik, pendidikan minimal lulusan SMA dan sederajat, tidak ada ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Kemudian tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengadilan tetap yang diancam dengan pidana lima tahun atau lebih, serta tidak pernah menjadi anggota partai politik, atau telah mengundurkan diri dari anggota sekurang kurangnya lima tahun ketika mendaftar.

"Saya berharap masyarakat Lingga antusias untuk mendaftar, diikuti oleh putra dan putri terbaik di wilayah Kabupaten Lingga. Dengan demikian menghasilkan pengawas pemilu yang berkualitas, dan berintegritas dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban sebagai anggota panwaslu kecamatan," ujarnya.

Berdasarkan analisis kebutuhan jumlah pengawas, Bawaslu Lingga memerlukan panwaslu kecamatan sebanyak 39 orang untuk 13 kecamatan.(Syaf)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel