Sucofindo Berikan Tujuh Penghargaan kepada Unit Metalurgi Kundur PT Timah Tbk - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Sucofindo Berikan Tujuh Penghargaan kepada Unit Metalurgi Kundur PT Timah Tbk

Sucofindo Berikan Tujuh Penghargaan kepada Unit Metalurgi Kundur PT Timah Tbk
Direktur Komersial PT Sucofindo, Darwin Abas bersama Beberapa Pimpinan Perusahaan Menerima Penghargaan ENSIA di Hotel Gumaya Semarang, Jumat (9/9/2022) (Fhoto : Ist)


KARIMUN, Infokepri.com  PT Sucofindo memberikan tujuh penghargaan Environmental And Social Innovation Award atau ENSIA kepada Unit Produksi Kundur PT Timah Tbk di Hotel Gumaya Semarang pada Jumat (9/9/2022) lalu.

Penghargaan yang diberikan atas komitmen PT Timah Tbk tersebut untuk menjaga kelestarian lingkungan dan selalu melakukan inovasi dalam pengelolaan lingkungan.

Adapun tujuh penghargaan yang diraih unit Produksi Kundur PT Timah Tbk itu diantaranya : pada aspek efisiensi energi, penurunan emisi, pengurangan limbah B3, 3R limbah padat non B3, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran, perlindungan keanekaragaman hayati, serta inovasi sosial.

Ketujuh penghargaan itu terdiri dari : empat katagori platinum, dua katagori gold dan satu silver.

Direktur Komersial PT Sucofindo, Darwin Abas, mengatakan penghargaan ENSIA tersebut diberikan sebagai wujud komitmen, PT Timah Tbk melalaui Unit Metalurgi Kundur  yang telah mampu memenuhi persyaratan dalam  penilaian ENSIA.

"Salah satu bentuk penilaian, setiap perusahaan wajib mengumpulkan paper untuk setiap aspek yang diperlombakan. Paper dilakukan penjurian oleh juri dengan latar belakang praktisi dan akademisi yang memiliki kemampuan teknis sesuai topik yang diperlombakan," katanya.

"Beberapa kriteria yang digunakan untuk penilaian yakni Inovasi Lingkungan dan Sosial meliputi kebaruan program dan keunikan program, dampak program terhadap lingkungan, serta dampak program untuk sosial," sambungnya.

Dikatakannya,   Unit Produksi Kundur PT Timah Tbk melakukan program inovasi lingkungan dengan melakukan efisiensi dan pengurangan beban pencemaran. Hal ini memberikan dampak positif  bagi lingkungan khususnya penghematan energi, penurunan emisi gas rumah kaca dan konvensional, penurunan limbah B3, pemanfaatan dan pengurangan limbah padat non b3, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran serta perlindungan keanekaragaman hayati.

Salah satu inovasi yang dilakukan pada aspek efisiensi dan pengurangan beban pencemaran berupa Modifikasi Shaking Table dalam Peningkatan Kapasitas dari Proses SHP ( Sisa Hasil Pengolahan).

Inovasi ini merupakan salah satu dari sekian program yang dilaksanakan PT Timah Tbk Unit Metalurgi Kundur dalam upaya mengurangi penggunaan air untuk proses produksi perusahaan

"Selain itu, Unit Metalurgi Kundur PT Timah Tbk telah menunjukkan komitmennya dalam pengelolaan lingkungan serta dalam pemberdayaan masyarakat melalui program-program inovasi lingkungan dan inovasi sosialnya, dan PT Sucofindo mengapresiasi hal tersebut melalui acara penghargaan ENSIA ini," katanya.

Sementara Ketua Pelaksana kegiatan Retno Suryani mengatakan, kegiatan seperti ini akan memunculkan inovasi-inovasi baru dari masing-masing perusahaan untuk menjaga kelestarian lingkungan dalam menjalankan proses bisnisnya.

"Kita berharap kegiatan ini menjadi magnet untuk perusahaan lainya agar bisa melakukan serta menunjukan kepedulian yang sama terhadap alam dan lingkungan demi keberlangsungan alam dan kehidupan selanjutnya," tandasnya.

Selain menyerahkan penghargaaan ENSIA, kegiatan ini juga diisi dengan talkshow dengan pembicara Direktur Pengendalian Pencemaran Air KLHK, Nety Widayati dan Guru Besar Universitas Diponegoro yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Proper KLHK, Soedharto P Hadi. (Jon)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel