41 Guru PAI Mengikuti Pendidikan Profesi Guru - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

41 Guru PAI Mengikuti Pendidikan Profesi Guru

41 Guru PAI Mengikuti Pendidikan Profesi Guru
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar, Agusli bersama Tim UIN Bukittinggi di Kantor Dikbud Pasbar, Selasa (11/10) (Fhoto : Ist)



PASAMAN BARAT, Infokepri.com
– Pemkab Pasaman Barat (Pasbar) telah menganggarkan dana sebesar Rp 205 juta,- ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasbar pada APBD Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2022 ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar, Agusli saat ditemui sejumlah awak media pada Rabu (12/10/2022) mengatakan dana tersebut untuk pembiayaan pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebanyak 41 orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Menurutnya PPG itu dilakukan untuk menjadikan calon guru yang memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang berakhlak mulia,  sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“ Hal tersebut merupakan tujuan umum pendidikan profesi guru berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003,” kata Agusli.

Ia menyebut di Kabupaten Pasbar masih ada ratusan guru agama Islam yang belum mengikuti pendidikan profesi guru.

“ Mengetahui hal tersebut, Bupati Pasbar Hamsuardi langsung merespon laporan kami dan meminta agar mengakomodir kebutuhan para guru melalui penganggaran pembiayaan pelaksanaan PPG pada APBD Perubahan TA 2022 secara bertahap pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar,” katanya.

Agusli menambahkan, bahwa penyelenggaraan pendidikan profesi guru agama Islam tahun 2022 pada semester Juli hingga Desember ini, dilaksanakan melalui kerjasama Pemda Pasbar dengan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

Dalam pemenuhan syarat administrasi penyelenggaraan PPG PAI tersebut, tim UIN Bukittinggi yang terdiri dari Wakil Rektor 3 Dr. Miswardi, Wakil Dekan 3 Dr. Supratman dan Kaprodi PPG Dr. Syawaluddin, bersama Pemda Pasbar melalui Kadis Dikbud Pasbar Agusli didampingi Sekretaris Pramana Yose, Kasubag Perencanaan Putri Rismawanti, Kasubag Keuangan Rici Pernando, dan pengurus Asosiasi Guru Pendidikan Agama islam (AGPAI) Pasbar melakukan kesepakatan dengan penandatanganan naskah kerja sama, di kantor Dikbud Pasbar, Selasa (11/10).

"Terima kasih dan selamat datang kepada tim UIN Bukittinggi di Pasbar. Semoga pelaksanaan kegiatan PPG PAI yang kita laksanakan berjalan lancar. Kita berharap semoga dapat menghasilkan guru PAI profesional yang memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi seni dalam menjadi seorang guru (pedagogi),  profesional, kepribadian dan sosial di sekolah," ucap Kadis Dikbud Agusli.

Ia juga mengingatkan kepada perwakilan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) bahwa sertifikat pendidikan profesi guru yang akan diperoleh peserta yang lulus nantinya, juga merupakan sebagai syarat guru untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi, mengingat pentingnya dan banyaknya manfaat dari kegiatan PPG.

" Untuk itu diharapkan kepada peserta PPG agar mengikuti seluruh proses rangkaian kegiatan dengan tekun dan sabar. Kita doakan semoga semua peserta lulus hendaknya," harapnya.(Pdp)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel