Bupati Hamsuardi Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Bupati Hamsuardi Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022

Bupati Hamsuardi Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022

Bupati Hamsuardi Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022
Bupati Pasbar Hamsuardi bersama Santri Usai Memimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Pasbar, Sabtu (22/10) (Fhoto : Ist) 


PASAMAN BARAT, Infokepri.com
- Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Pasbar, Sabtu (22/10). 

Upacara tersebut juga dihadiri  oleh Wakil Bupati Risnawanto, Sekda Pasbar, Staf Ahli, seluruh kepala OPD, Ketua TP PKK, Ketua GOW, Kepala Instansi Vertikal, Kabag, Ormas Islam, stakeholder terkait dan seluruh santri di Kabupaten Pasaman Barat.  

Bupati Hamsuardi pada upacara peringatan Hari Santri Nasional itu, membacakan pidato Menteri Agama dihadapan peserta upacara. Hari santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober diartikan sebagai momentum untuk mengingat perjuangan santri, merebut kemerdekaan Indonesia dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Hari santri ini juga sebagai pengingat tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesian," katanya.

Hari Santri tersebut, lanjut Hamsuardi berbeda setiap tahun. Untuk tahun 2022 ini peringatan hari santri mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarma baktikan kehidupannya untuk bangsa dan negara.

"Santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan ibu pertiwi. Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan," katanya.

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional tersebut juga dijadikan sebagai momentum untuk launching program Magrib Mengaji dan Tahfidz Al-Qur'an oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. Visi dan misi Pemkab Pasbar untuk meningkatkan kegiatan keagamaan tentang Tafidz Al-Qur'an dengan tujuan pada tahun 2036 mendatang sekitar 30 persen warga Pasbar akan hafal Al-Qur'an.

"Untuk itu, kepada semua santri yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, di momentum Hari Santri Nasional ini marilah kita mendukung program unggulan Pemkab Pasbar tentang Tahfiz Al-Qur'an dan Magrib Mengaji," kata Hamsuardi.

Karena, lanjut Hamsuardi tanpa dukungan dari semua pihak program unggulan Pemkab Pasbar ini tidak berjalan dengan lancar.

“Kepada ustadz dan ustadzah untuk mendorong suksesnya kegiatan yang terdapat dalam visi dan misi Pemkab ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Hamsuardi juga memberikan hadiah umroh untuk pemenang lomba MTQ cabang tilawah anak-anak tingkat nasional ke-XXIX di Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan atas nama Latifatul Tirta yang telah mewakili Kabupaten Pasaman Barat dan berhasil meraih peringkat kedua.

"Ini merupakan prestasi yang sangat tinggi dan patut kita berikan penghargaan dengan memberangkatkan umroh. Dari mana uangnya, dari sumbangan kita-kita dan pejabat Pasbar," katanya.

Bupati Hamsuardi juga memberikan apresiasi kepada santri yang bertindak sebagai komandan upacara untuk menjadi ajudan selama 2 minggu.

Pada upacara peringatan Hari Santri Nasional tersebut, PMI Pasbar juga ikut mensukseskan hari santri nasional dengan menyediakan stand PMI di dekat kantor bupati setempat.(**)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel