Moeldoko Dukung Pembangunan dan Pengembangan Bandara Haji Raja Abdullah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Moeldoko Dukung Pembangunan dan Pengembangan Bandara Haji Raja Abdullah

Moeldoko Dukung Pembangunan dan Pengembangan bandara Haji Raja Abdullah
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq Saat menemui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Gedung Bina Graha Jakarta, Kamis (27/10/2022) (Fhoto : Ist)

JAKARTA, Infokepri.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq telah menemui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko terkait rencana pembangunan dan pengembangan Bandara Haji Raja Abdullah pada Kamis (27/10/2022) lalu di Gedung Bina Graha Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menekankan pentingnya percepatan pembangunan dan pengembangan Bandara Haji Raja Abdullah (HRA) di Pulau Karimun Besar, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). 

Ia menyebut kebutuhan jasa transportasi udara harus segera terpenuhi untuk mendukung peningkatan dan perekonomian serta perdagangan di Karimun dan sekitarnya.

Bahkan beliau sangat berharap pembangunan dan pengembangan Bandara Haji Raja Abdullah segera terlaksana dan fasilitasnya dapat terus ditingkatkan.

Menurutnya secara geografis Bandara Haji Raja Abdullah sangat strategis karena berada pada jalur lintas pelayaran terpadat kedua di Indonesia, yakni berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Untuk itu, tambah dia, diperlukan pengembangan dari segi fasilitas dan operasional guna mewujudkan Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

"Yakni sebagai bandara daerah perbatasan yang merupakan garda terdepan NKRI," ujarnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan pembangunan pengembangan Bandara Haji Raja Abdullah merupakan kerja kolaborasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, yakni Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Kepri, dan Pemerintah Kabupaten Karimun.

"Pemerintah daerah, dalam hal ini Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun memberikan dukungan pengadaan dan pembiayaan lahan," kata Ansar.

Ia juga mengungkapkan bahwa pada September 2022 telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Kemenhub, Provinsi Kepri, dan Kabupatena Karimun terkait pengendalian tata ruang pada kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP), Batas Kawasan Kebisingan (BKK), dan Daerah Lingkungan Kerja.

Seperti diketahui, Bandara Raja Haji Abdullah berdiri di atas lahan seluas 72.000 meter persegi. Bandara itu memiliki landasan pacu sepanjang 1.400 meter dengan kapasitas tiga pesawat tipe Cassa 212 atau satu pesawat ATR 72.600.

Pengembangan bandara dilakukan dengan menambah panjang dan luas landasan pacu, yakni 2.000 meter x 45 meter. Sesuai dengan perencanaan, pembangunan dan pengembangan landasan pacu tersebut dilakuksan secara bertahap hingga Desember 2024. (rdk)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel