Presiden Jokowi Singgung Pintu Stadion yang Terkunci saat Tragedi Kanjuruhan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Presiden Jokowi Singgung Pintu Stadion yang Terkunci saat Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi Singgung Pintu Stadion yang Terkunci saat Tragedi Kanjuruhan
Presiden Joko Widodo (Fhoto : Ist)



MALANG, Infokepri.com
- Presiden Joko Widodo meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang, tempat di mana terjadinya tragedi yang menewaskan 131 suporter. Jokowi sempat berkeliling melihat secara langsung sejumlah penjuru stadion. Usai berkeliling, Jokowi mengungkap problem stadion ini.

Jokowi menyinggung soal pintu stadion yang terkunci saat tragedi berlangsung. Tak hanya menyinggung soal pintu yang terkunci, Jokowi juga menyebut tangga di stadion terlalu tajam.

Hal inilah yang memperparah jatuhnya korban saat terjadi kepanikan di tengah guyuran gas air mata petugas usai laga Arema FC vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022) malam.


"Itu nanti tim gabungan independen pencari fakta yang harus melihat secara detail, tetapi sebagai gambaran, tadi saya melihat bahwa problemnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam ditambah kepanikan yang heboh," jelas Jokowi saat di Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (5/10/2022).

Kendati demikian, Jokowi mengatakan, hasil investigasi secara lengkap nantinya akan diungkapkan tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) yang diketuai Menko Polhukam Mahfud Md.

"Tapi itu saya hanya melihat lapangannya, tetapi itu nanti disimpulkan oleh tim gabungan independen pencari fakta," imbuhnya

Pihaknya juga meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono segera mengaudit Stadion Kanjuruhan hingga seluruh stadion di Indonesia. Audit ini untuk mengetahui kondisi stadion. Jika kondisinya kurang baik, Jokowi ingin segera dilakukan revitalisasi agar kejadian serupa tak terjadi di stadion lain.

"Yang paling penting nanti seluruh bangunan stadion akan diaudit Kementerian PU," tambahnya.

Sementara Jokowi didampingi Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri PMK Muhadjir Effendy, Menpora Zainuddin Amali, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, Wali Kota Malang Sutiaji hingga Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta.


(detik.com)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel