Tingkatkan Sektor Perikanan, Bupati Sergai Serahkan Bantuan Kapal penagkap Ikan kepada Kelompok Nelayan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Tingkatkan Sektor Perikanan, Bupati Sergai Serahkan Bantuan Kapal penagkap Ikan kepada Kelompok Nelayan

Tingkatkan Sektor Perikanan, Bupati Sergai Serahkan Bantuan Kapal penagkap Ikan kepada Kelompok Nelayan

Tingkatkan Sektor Perikanan, Bupati Sergai Serahkan Bantuan Kapal penagkap Ikan kepada Kelompok Nelayan
Bupati Sergai H darma Wijaya Bersama Kelompok Nelayan di Desa Gelam, Sei Serimah, Kecamatan Bandar Kalifah, Rabu (12/10/2022). (Fhoto : Ist)

SERGAI, Infokepri.com - Sebagai salah salah satu sektor penting daerah, Pemerintah Kabupaten Sergai (Pemkab Sergai) berupaya memberikan dukungan maksimal terhadap bidang perikanan. Hal ini terlihat ketika Bupati H. Darma Wijaya menyerahkan bantuan berupa kapal penangkap ikan dengan kapasitas 4 Gross Tonnage (GT), mesin penggerak 28 tenaga kuda PK, GPS, jaring mata 100, dan mesin pembuat pakan. Bantuan ini diserahkan oleh Bupati kepada kelompok usaha tambak ikan dan nelayan, di Desa Gelam, Sei Serimah, Kecamatan Bandar Kalifah, Rabu (12/10/2022).

Bupati Sergai menyampaikan harapan agar bantuan ini dapat dimaksimalkan oleh warga penerima untuk meningkatkan hasil tangkap dan produksi ikan.

“Kalau hasil tangkap dan produksi ikan meningkat, maka meningkat pula perekonomian masyarakat nelayan kita. Namun untuk sampai kesana, nelayan harus memahami betul manajemen kerja supaya hasilnya lebih maksimal dan sesuai peruntukan,” tutur Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Bupati Sergai berharap, bantuan ini bisa menjadi awal bagi para nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan dan nantinya bisa pula berbalik memberi kepada sesama.

“Tanamkan prinsip berbagi dan memberi. Hari ini Bapak dan Ibu sekalian yang menerima bantuan. Di masa depan, bisa jadi gilaran Bapak dan Ibu yang mampu memberikan bantuan kepada yang lain. Insya Allah,” ucapnya.

Sebagai penutup, Bupati Sergai mengharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat untuk proses pembangunan yang dirinya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan sedang kerjakan.

“Program pembangunan yang kami laksanakan, termasuk pada sektor perikanan, adalah ikhtiar kami dalam mewujudkan Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sergai, Dr. Klaudia E. Siregar, SKM, M.Kes, menyampaikan jika alur pemberian bantuan kepada nelayan tidak akan terhenti di sini. Dia menjelaskan, nantinya terhadap penggunaan bantuan akan dilaksanakan pemantauan untuk kemudian dilakukan evaluasi.

“Selain itu kami juga menjajaki kerjasama pemanfaatan limbah tambak ikan milik PT Aqua Farm Nusantara untuk dijadikan bahan baku pembuatan pelet ikan bagi peternak. Ini akan menjadi simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bina Mandiri, Hermansyah, mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang telah diterima oleh pihaknya. Mewakili para nelayan penerima bantuan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai, terkhusus kepada Bupati Sergai, atas perhatian yang diberikan.

“Kami akan memanfaatkan bantuan ini semaksimal mungkin,” tandasnya.

Bupati kemudian mengujicoba kapal bantuan yang diserahkan kepada nelayan dengan mengarungi sungai Bandar Kalifah yang berjarak sekitar 3 Km ke arah pantai tempat nelayan beroperasi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Sergai Togar Situmorang, Camat Bandar Kalifah Maningar Manurung, SP, M.Si, tokoh masyarakat, serta masyarakat. (Bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel