Bupati Sergai Pimpin Upacara Memperingati Hari Pahlawan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Bupati Sergai Pimpin Upacara Memperingati Hari Pahlawan

Bupati Sergai Pimpin Upacara Memperingati Hari Pahlawan

 Gelar ,




SERGAI, Infokepri.com - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan Upacara Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Bantaran Sei Ular Kelurahan Simpangtiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Kamis (10/11/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Sergai H. Darma Wijaya sekaligus membacakan amanat Menteri Sosial RI.

Dalam amanat tersebut, Bupati menyampaikan jika Hari Pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup sebagai Bangsa dan Negara Merdeka.

Ia meminta untuk menghidupkan kembali dalam benak, perjuangan para Pahlawan Bangsa. Baginya, dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting untuk meresapi semangat dan keikhlasannya.

“Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para pahlawan bersemangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati!,” ucap Bupati lantang.

Namun, dirinya menyampaikan hari ini pun bangsa Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, sebutnya, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

Walau tidak mudah, Bupati Sergai mengatakan jika para Pahlawan telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada bangsa Indonesia beragam nilai untuk ditiru, warisi, dan ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan negara tercinta. Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi pahlawan bangsa di masa depan,” sebutnya lagi.

Bupati kemudian mengajak menjadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain, mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, dan seterusnya. 

“Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” ucapnya.

Pasca upacara, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian bingkisan kepada para veteran. Kemudian dilanjutkan pula dengan prosesi tabur bunga di aliran Sungai Sei Ular. Selain itu, momen ini juga dihiasi dengan penampilan pertunjukan drama yang berjudul “Perjuangan dan Doa” yang dipentaskan oleh siswa/i SMAN 1 Perbaungan.

Upacara yang berlangsung lancar dan khidmat ini dihadiri antara lain oleh jajaran Forkopimda Sergai, para Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD, Camat, Kabag se-kab Sergai. Hadir pula unsur TNI, Polri, ASN Pemkab Sergai, Pramuka, dan Paskibraka. (Bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel