Peringati Hari Menanam Pohon Sedunia, Kepala DLH Asahan Serahkan 1000 Bibit Pohon kepada Kelompok Tani - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Peringati Hari Menanam Pohon Sedunia, Kepala DLH Asahan Serahkan 1000 Bibit Pohon kepada Kelompok Tani

Peringati Hari Menanam Pohon Sedunia, Kepala DLH Asahan Serahkan 1000 Bibit Pohon kepada Kelompok Tani
Kepala DLH Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar Secara Simbolis Menyerahkan Bibit Pohon kepada Kelompok Tani Desa Silau Maraja di Alun Alun Kota Kisaran, Selasa (15/11/2022) (Fhoto : Ist) .


ASAHAN, Infokepri.com
– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan memberikan bantuan 1000 bibit pohon kepada Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), HKTI Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kelompok Tani Makmur, dan Desa Silau Maraja.

Seribu bibit pohon yang terdiri dari 8 jenis benih pohon itu diserahkan secara langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si kepada pengurus kelompok tani tersebut di Alun Alun Kota Kisaran, Selasa (15/11/2022).

Dalam menyerahkan bibit pohon tersebut, Rahmat Hidayat didampingi oleh Ketua Fraksi PDIP sekaligus Ketua HKTI Handi Afran Sitorus.

Penyerahan bibit pohon itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November 2022.

Dikesempatan itu Rahmat Hidayat mengatakan bahwa tradisi menanam pohon punya filosofi tersendiri, bahwa menanam mempunyai dimensi dan efek ganda yang luar biasa. Karena menanam itu bermanfaat bagi orang lain, maka kita harus menjadikan hidup kita untuk memberi manfaat kepada sesama.

Cukup dengan menanam pohon, orang lain akan merasakan manfaatnya sekarang dan nanti. Karena itu, idealnya gerakan menanam adalah gerakan dari hati.  Heart to heart, terlebih, karena pohon juga adalah makhluk hidup mahluk hidup. Sudah selayaknya menempatkan pohon bukan sebagai objek, melainkan sebagai sesama subjek pengambil peran yang bermanfaat bagi lingkungan hidup, sama seperti manusia.

Sadar akan pentingnya hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Lingkungan Hidup serahkan sejumlah Bibit Pohon Produktif kepada masyarakat.

Lebih lanjut Rahmat Hidayat menjabarkan, dari 1000 benih pohon yang dibagikan, termasuk didalamnya Pohon Mahoni, Pohon Jengkol, Petai, Asam Jawa, Asam Glugur, Durian, Mangga, dan Rambutan yang dibagikan secara merata untuk dapat ditanam dan dilestarikan.

"Disamping menjaga kelestarian alam dan pencegahan banjir, juga bisa menjadi tambahan penghasilan bagi kelompok tani," ujar Dayat.

Selain itu Dayat menambahkan bahwa kegiatan ini dapat terjadi karena kepedulian Bupati dan Wakil Bupati pada kelestarian alam khususnya di Kabupaten Asahan.

“Bupati berharap agar warga yang memiliki lahan kosong dapat memanfaatkan lahannya untuk penanaman pohon seperti buah-buahan dan sayuran, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan, pohon yang ditanam tersebut juga diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari – hari,” ujar Hidayat.

Sementara, Ketua HKTI Handi Afran Sitorus menambahkan agar semua pihak dan stakeholder lainnya yang ada di Kabupaten Asahan dapat turut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan penghijauan seperti yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup.

Beliau berharap kegiatan seperti ini dapat berkesinambungan, karena memberi banyak manfaat bagi masyarakat.

(Ti)
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel