Sambangi Banyak Lokasi, Bupati Sergai Gelar Roadshow di Kecamatan Pegajahan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Sambangi Banyak Lokasi, Bupati Sergai Gelar Roadshow di Kecamatan Pegajahan

Sambangi Banyak Lokasi, Bupati Sergai Gelar Roadshow di Kecamatan Pegajahan

Bupati Sergai H Darma Wijaya Menyerahkan Bantuan kepada Warga di Aula Kantor Camat Pegajahan, Jumat (11/10/2022) (Fhoto : Ist) 

SERGAI, Infokepri.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya melaksanakan rangkaian kegiatan panjang bertajuk “roadshow” di Kecamatan Pegajahan, hari ini, Jumat (11/10/2022). 

Kegiatan dimulai di SMPN 1 Pegajahan. Pada kesempatan ini, Bupati Sergai bersilaturahmi dengan para orang tua dan ratusan pelajar sekaligus menyosialisasikan beberapa tema terkait penyalahgunaan narkoba, perkawinan usia dini, dan isu kesehatan.

Dalam sambutannya, Darma Wijaya menekankan pentingnya pengawasan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak. Menurutnya, kontrol orang tua akan berperan penting untuk menghindarkan generasi muda dari narkoba dan pergaulan yang keliru.

“Saya berpesan supaya pergaulan anak kita benar-benar dijaga. Jangan sampai salah arah, hingga bisa berdampak negatif. Dampak negatif tersebut misalnya saja pernikahan dini. Ketidaksiapan menjadi orang tua bisa berakibat pada masalah kesehatan dan mental, tidak hanya bagi pelaku nikah dini, namun juga bagi calon anak yang sangat rawan stunting,” ujarnya.

Selain itu, di kesempatan ini dirinya juga mengingatkan agar orang tua dan siswa tidak langsung bersikap reaktif terhadap sikap tegas guru dalam kegiatan belajar mengajar. Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati, berpendapat jika ketegasan seorang guru merupakan bentuk perhatian dan pembinaan yang sesekali perlu dilakukan.

“Guru bersikap tegas, misalnya dengan menegur siswa yang berbuat keliru, itu maksudnya supaya anak-anak bisa disiplin dan punya karakter bagus,” katanya lagi.

Pada sosialisasi ini, Bupati juga mengingatkan bahaya penyalahgunaan narkoba dan ketergantungan berlebih pada gawai di kalangan siswa.

“Kita tahu bagaimana mengerikannya dampak narkoba. Sekali terjerat, efek buruknya bisa menjalar kemana-mana. Gadget juga bisa mengakibatkan efek kecanduan. Kembali saya ingatkan kepada Bapak dan Ibu soal pengawasan dan kontrol,” pesan Bang Wiwik. 

Roadshow kemudian berlanjut ke sentra UMKM pembuatan gula merah dari nira sawit di Desa Pegajahan. Momen ini mendapat apresiasi baik dari warga yang menggeluti produksi gula merah nira sawit, salah satunya Matra. Ia berujar, kehadiran Bupati menjadi kesempatan bagi dirinya dan beberapa produsen gula merah untuk menyampaikan aspirasi kepada orang nomor satu di Kabupaten Sergai itu.

“Kami tadi menyampaikan unek-unek terkait pemasaran dan harga jual produksi gula merah nira sawit kepada Pak Bupati,” katanya.

Usai dari lokasi tersebut, Bang Wiwik kemudian beranjak menuju Kantor Desa Pegajahan untuk bertemu dengan para warga lansia. Para lansia ini baru saja mendapat pemeriksaan kesehatan jemput bola gratis dari petugas Unit Pelayanan Terpadu Desa (UPTD) Puskesmas Pegajahan.

Kepada para warga senior yang ia temui, Bupati berpesan agar semuanya tetap menjaga kesehatan dengan menjaga asupan makanan dan rajin memeriksakan diri. 

“Untuk para tenaga kesehatan, saya berharap agar tetap semangat memberikan pelayanan maksimal kepada warga. Kalau semisal ada warga kita yang karena sesuatu dan lain hal tidak dapat datang berobat ke puskesmas, petugas UPDT yang harusnya datang untuk melayani,” pesannya.

Tak berhenti di sana, Darma Wijaya melanjutkan roadshow-nya ke kios pupuk kelompok tani (Poktan) Karya Bakti, di Dusun I Desa Pegajahan. Di sela-sela kunjungan itu, ia menyampaikan jika dirinya bersama Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan fokus melakukan pembangunan infrastruktur, terutama jalan. Ia mengungkapkan, panjang ruas jalan di Sergai saat ini ada di angka 800 Km dan sekitar 60%-nya sudah dalam kondisi baik. Ia meyakini, jika jalan mulus, maka ekonomi ikut bagus.

“Jalan yang mulus juga akan berdampak signifikan bagi sektor pertanian,” katanya.

Perjalanan Bupati selanjutnya terhenti di Masjid Taqwa Dusun II Desa Pegajahan untuk menunaikan ibadah salat jumat sekaligus menjalankan rutinitas mingguan Safari Salat Jumat Dambaan. Kesempatan ini dipakai oleh Bang Wiwik untuk bersilaturahmi dengan warga sekitar yang juga menjalankan ibadah.

Setelah ibadah salat jumat, perjalanan Bupati disambung dengan mengunjungi Puskesmas Pegajahan. Kunjungannya ini juga berkenaan dengan agenda penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada 20 warga pra-sejahtera.

Belum berakhir di situ, roadshow Bupati masih terus berlanjut. Selanjutnya giliran Aula Kantor Camat Pegajahan yang didatangi oleh Darma Wijaya. Di tempat tersebut, Bang Wiwik menyempatkan diri bertatap muka dengan para tokoh masyarakat beserta dengan warga penerima bantuan subsidi makanan/bahan pangan yang berasal dari Dinas Sosial Sergai.

Rangkaian panjang roadshow Bupati Sergai akhirnya diakhiri dengan pertandingan persahabatan sepak bola yang mempertemukan antara tim yang diisi oleh para Kepala Desa melawan tenaga pendidik se-Kecamatan Pegajahan.

Kegiatan Bupati ini juga diikuti oleh para Asisten dan jajaran Kepala OPD. (Bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel