Tekan Inflasi, Pemkab Asahan Akan Fasilitasi Pelaksanaan Pasar Murah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Tekan Inflasi, Pemkab Asahan Akan Fasilitasi Pelaksanaan Pasar Murah

Tekan Inflasi, Pemkab Asahan Akan Fasilitasi Pelaksanaan Pasar Murah

 

Tekan Inflasi, Pemkab Asahan Akan Fasilitasi Pelaksanaan Pasar Murah
Kepala Diskopdagin Kabupaten Asahan Ilham (Fhoto : Ist)


ASAHAN, Infokepri.com  – Pemkab Asahan melalui Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskopdagin) Kabupaten Asahan akan fasilitasi pelaksanaan Pasar Murah akan dilaksanakan di 16 titik yang tersebar di 13 kecamatan se Kabupaten Asahan.

“ Pasar murah itu akan dimulai pelaksanaannya pada esok Kamis, (03/11/2022) hingga pertengahan Desember ,” kata Kepala Diskopdagin Kabupaten Asahan Ilham dalam keterangannya yang disampaikan Rabu, (02/11/2022).

Ia menyebut pelaksanaan Pasar Murah ini untuk menindaklanjuti amanat Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 134/PMK.07/2022 serta instruksi Bupati Asahan H. Surya, B.Sc kepada OPD terkait.

“ Bupati Asahan berharap melalui kegiatan ini dapat mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dan dapat menekan inflasi ,” katanya. 

Ia menyebut untuk fasilitasi pelaksanaan pasar murah kali ini, beberapa bahan pokok yang akan dijual antara lain beras, minyak goreng, telur, gula pasir dan sabun.

Dikatakannya gejolak kenaikan harga sangat riskan terjadi pada saat tertentu, hal tersebut terjadi karena kecenderungan naiknya permintaan, saat menjelang hari besar keagamaan nasional, pasca bencana alam maupun pandemi. Mengingat bahwa gejolak harga barang kebutuhan pokok dapat berdampak pada inflasi dan berpengaruh pada daya beli masyarakat, maka Pemerintah berkewajiban untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga barang kebutuhan pokok.

“  Salah satu upaya untuk menjaga agar masyarakat, tetap mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau adalah melalui kegiatan pasar murah,” katanya. 

Pemerintah Kabupaten Asahan tidak memberikan subsidi bagi harga dari beberapa kebutuhan pokok yang akan dijual dalam pelaksanaan pasar murah ini. 

“ Kita tidak memberikan subsidi, hanya saja kita memotong jalur distribusi barang dengan langsung berkomunikasi dengan produsen dari beberapa bahan pokok yang ada di Kabupaten Asahan, seperti Jampalan Baru, Sintong dan pengusaha UMKM lainnya sehingga dapat dipastikan bahwa harga bahan pokok yang dipasarkan dalam Pasar Murah ini lebih murah dari harga di pasar.  (Ti)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel