Wabup Natuna bersama Tim Bappena RI dan PT DI Meninjau Pulau Senua yang Akan Dijadikan Bandara N219A - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Wabup Natuna bersama Tim Bappena RI dan PT DI Meninjau Pulau Senua yang Akan Dijadikan Bandara N219A

 

Wabup Natuna bersama Tim Bappena RI dan PT DI Meninjau Pulau Senua yang Akan Dijadikan Bandara N219A
Wakil Bupati Natuna bersama Tim Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Meninjau Pulau Senoa, Minggu (06/11/2022) (Fhoto : Ist).


NATUNA, Infokepri.com - Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda bersama tim Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (PPN/Bappenas RI) dan PT Dirgantara Indonesia (DI) meninjau Pulau Senua, Kecamatan Bunguran Timur yang akan dijadikan bandara untuk Pesawat N219 Jenis Amphibi (N219A) Minggu (06/11/2022).

N219A merupakan pesawat rakitan anak bangsa dari PT DI. Pesawat itu dapat melakukan lepas landas dan pendaratan di permukaan air.

Usai berkeliling Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (DI) Gita Amperiawan menyebut perairan Pulau Senua cocok dijadikan landasan pesawat N219A rancangan PT nya. Oleh karena itu Pulau Senua layak dibangun bandar udara (Bandara).



Meski demikian pihaknya akan melakukan kajian lebih lanjut agar tidak salah dalam menentukan titik pembangunan bandaranya.

"Amphibi akan kita luncurkan dalam dua tahun ke depan," ujarnya.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN Amalia Adininggar mengatakan pembangunan bandara di Pulau Senua merupakan salah satu bagian dari master plan Pemerintah Indonesia dalam membangun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Inti dari master plan itu adalah untuk meningkatkan ekonomi Kepri dimasa mendatang.

"Akhir tahun master plan nya selesai, berupa transformasi ekonomi Kepri dengan menjadikan Kepri sebagai Provinsi yang maju," ucapnya.


Wabup Natuna bersama Tim Bappena RI dan PT DI Meninjau Pulau Senua yang Akan Dijadikan Bandara N219A
 

Dalam rencana itu Bappenas sengaja menggandeng PTDI selaku perakit pesawat penghubung daerah kepulauan itu. tujuannya untuk mendorong penggunaan produk anak bangsa.

"Menciptakan pasar untuk produk kita sendiri," ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda mengatakan pemerintah Natuna menyambut baik wacana itu.

Menurutnya dengan dibangunnya jembatan udara itu, perkembangan Natuna akan lebih cepat.

"Transportasi itulah (jalur udara) yang kita butuhkan, sehingga kita tidak menghadapi angin kencang dan ombak besar lagi," ujarnya.

Ia menyebut untuk menyambut moderenisasi itu pemerintah akan menyiapkan program-program peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Natuna.

"Kita menyiapkan tempat. Menyiapkan kesiapan masyarakat kalau moderenisasi itu datang," pungkasnya. (Nard/R).




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel