Bupati Natuna Ikut Tanding Gasing Persahabatan antara Club Desa Pengadah dan Club Jaya Raya - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Bupati Natuna Ikut Tanding Gasing Persahabatan antara Club Desa Pengadah dan Club Jaya Raya

Bupati Natuna Ikut Tanding Gasing Persahabatan antara Club Desa Pengadah dan Club Jaya Raya

Bupati Natuna Ikut Tanding Gasing Persahabatan antara Club Desa Pengadah dan Club Jaya Raya
Bupati Natuna Wan Siswandi memainkan gasingnya saat mengikuti pertandingan gasing persahabatan. di Air Raya, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Minggu (18/12/2022) (Fhoto : Ist).

By Bernard 


NATUNA, Infokepri.com
- Bupati Natuna, Wan Siswandi ikut tanding gasing persahabatan antara Club Desa Pengadah dan Club Jaya Raya dari Air Raya, Minggu (18/12/2022) di Air Raya, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur.

Dirinya hadir didampingi oleh Kepala Bakesbangpol Natuna, Helmi Wahyuda dan didaulat menjadi peserta tanding gasing bersama kedua club.

Gasing adalah sebuah permainan rakyat yang membudaya di seluruh wilayah Kabupaten Natuna dari zaman dulu hingga sekarang. Budaya tersebut hingga kini kerap dipertandingkan antar desa dengan tujuan untuk terus menjaga warisan leluhur mereka tentang tanding gasing untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan dikalangan masyarakat Natuna.

Wan Siswandi mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah Natuna mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti ini.

"Saya ingin tanding gasing ini terus ada sebagai salah satu budaya permainan rakyat Natuna. Dan ini harus terus dikenal oleh anak cucu kita ke depannya. Jaga dan lestarikan budaya daerah," ungkap Wan Siswandi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos, dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel yang juga turut merasakan asyknya bermain gasing.

"Ternyata asik juga bermain gasing," ungkap Meksianus yang turut mencoba permainan tersebut bersama Dandim.

Permainan gasing dibagi menjadi dua pertandingan yaitu betendin atau istilahnya tanding lama berputarnya gasing dan juga pangkak atau adu kekerasan gasing yang jika dalam adu gasing tidak berputar atau pecah dinyatakan kalah.

Dari informasi yang didapat, gasing terbuat dari berbagai jenis kayu seperti kayu pelawan, mangris, asam Jawa dan kayu lainya yang memiliki kekerasan dan keuletan kayu yang tinggi. Gasing tersebut kadang mampu berputar selama lebih dari 20 menit. (Nard/R).

Editor : P Sipaung


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel