Babinsa Desa Kelanga Memberikan Materi Bela Negara kepada Siswa/I MAN 1 Natuna - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Babinsa Desa Kelanga Memberikan Materi Bela Negara kepada Siswa/I MAN 1 Natuna

Babinsa Desa Kelanga Memberikan Materi Bela Negara kepada Siswa/I MAN 1 Natuna

 

Babinsa Desa Kelanga, Serka Windo Prana Citra memberikan materi Bela Negara kepada Siswa/i MAN 1 Natuna di Pantai Sujung, RT 06/RW 03, Desa Kelanga, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Jumat (20/01/2023) (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com)


By Bernard Simatupang 

 
NATUNA, Infokepri.com
- Babinsa Desa Kelanga, Serka Windo Prana Citra, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, memberikan materi tentang bela negara kepada siswa/i MAN 1 Natuna, di Ruangan Terbuka Pantai Sujung, RT 06/RW 03, Desa Kelanga, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Jumat (20/01/2023).

Pemberian materi bela negara kepada siswa/i MAN 1 Natuna dalam rangka kegiatan latihan dasar membangun jiwa patriotisme kepemimpinan Organisasi Intra Madrasah (OSIM) program periode tahun pelajaran 2023 - 2024.

Beberapa materi yang dipaparkan kepada siswa/i diantaranya, arti bela negara, landasan konsep bela negara, unsur-unsur penting tentang bela negara, contoh-contoh bela negara, beberapa dasar hukum dan peraturan tentang wajib bela negara, tujuan bela negara, dan manfaat yang didapatkan dari bela negara.

Secara garis besar, Serka Windo Prana Citra memafarkan, bahwa Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.

Dikatakannya, setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Hal tersebut merupakan wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air yang sudah memberikan kehidupan padanya. Hal ini terjadi sejak seseorang lahir, tumbuh dewasa serta dalam upayanya mencari penghidupan.

"Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut, sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut," pungkasnya. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel