Babinsa Desa Limau Manis Gotongroyong bersama Warga Bersihkan Lapangan Sepak Bola - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa Desa Limau Manis Gotongroyong bersama Warga Bersihkan Lapangan Sepak Bola

Babinsa Desa Limau Manis Gotongroyong bersama Warga Bersihkan Lapangan Sepak Bola
Babinsa Desa Limau Manis, Serda M Gusnadi, saat Goro bersama masyarakat di Jalan Batu Ungun,  Sabtu (28/01/2023) (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com).

By Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com - Guna meningkatkan kekompakan dan kebersamaan, Babinsa Desa Limau Manis Serda M Gusnadi, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan gotong royong bersama masyarakat, di Jalan Batu Ungun, Gang Padang Tengah, RT 06/RW 03, Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Sabtu (28/01/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kades Desa Limau Manis, Ketua BPD Desa Limau Manis, Staf Desa Limau Manis, Kadus I, II dan RT, RW, beserta masyarakat Desa Limau Manis.

Gotong royong yang dilakukan Serda M Gusnadi bersama masyarakat yaitu untuk membersihkan seputaran lapangan sepak bola Desa Limau Manis yang belakangan ini sudah mulai ditumbuhi rumput liar dan semak belukar.

"Dengan dibersihkannya lapangan sepak bola ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh segenap pemuda, remaja, maupun anak kecil untuk bermain olahraga lebih leluasa disana," ujar Gusnadi.

Lebih lanjut Serda M Gusnadi menyampaikan, budaya gotong royong merupakan warisan leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan sehingga tidak punah dan hilang oleh pesatnya perkembangan zaman dengan pertumbuhan digitalisasi yang sangat pesat.

“Gotong royong sebagai salah satu kearifan lokal diharapkan mampu bertahan sebagai filter modernisasi dan globalisasi baik langsung maupun tidak langsung yang dapat  mempengaruhi kehidupan bermasyarakat  yang kini cenderung individualis," ungkapnya.

Selain itu, kata Gusnadi, kegiatan gotong royong mampu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa sehingga dapat menghindari terjadinya konplik dikalangan masyarakat.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel