Babinsa Jesben Hutagalung Minta Warga Tidak Membuka Lahan dengan Cara Membakar - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Babinsa Jesben Hutagalung Minta Warga Tidak Membuka Lahan dengan Cara Membakar

Babinsa Jesben Hutagalung Minta Warga Tidak Membuka Lahan dengan Cara Membakar

Babinsa Jesben Hutagalung Minta Warga Tidak Membuka Lahan dengan Cara Membakar
Babinsa Desa Tapau, Serda Jesben Hutagalung, saat melakukan komsos dengan warga. (Fhoto : Bernard Simatupang).


NATUNA,Infokepri.com - Babinsa Desa Tapau, Serda Jesben Hutagalung, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial dengan warga binaan di Jalan Beringin Raya RT 005/RW 003 Dusun II Air Putih, Desa Tapau, Kecamatan Bunguran Tengah, l

Dikatakan Serda Jesben Hutagalung, komunikasi sosial (komsos) merupakan  salah satu media bagi Babinsa untuk menjalin silaturahmi dalam meningkatkan hubungan keakraban dan kekeluargaan sehingga dapat  memperoleh informasi guna mengetahui perkembangan situasi dan kondisi wilayah binaan.

Selain itu, lanjut Serda Jesben Hutagalung, komsos ini memiliki tujuan agar terpeliharanya komunikasi yang baik dengan seluruh warga binaan sehingga dapat terjalin sinergitas dalam mewujudkan kondisi yang tangguh dalam menghadapi segala tantangan dan permasalahan di wilayah binaan.

Dalam kesempatan ini, Jesben Hutagalung, dengan tidak bosan-bosannya mengingatkan  warga agar menjaga kawasan hutan masing-masing sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sebagaimana telah terjadi belakangan ini di beberapa titik wilayah Kabupaten Natuna.

Ia mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak membuka lahan perkebunan/pertanian dengan cara membakar untuk menghindari kebakaran hutan dan lahan yang lebih luas lagi yang dapat mengganggu kesehatan dan merugikan masyarakat.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel