Babinsa R Damanik Sosialisasikan Dampak dan Bahaya Karhutla kepada Warga Binaan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Babinsa R Damanik Sosialisasikan Dampak dan Bahaya Karhutla kepada Warga Binaan

Babinsa R Damanik Sosialisasikan Dampak dan Bahaya Karhutla kepada Warga Binaan

Babinsa Desa Cemaga Tengah, Sertu R Damanik, sosialisasikan bahaya karhutla kepada warga di Dusun Batu Bayan Timur RT 002/RW 002, Rabu (18/01/2023) (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com).

By Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Cemaga Tengah, Sertu R Damanik, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial dengan warga tentang dampak dan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Dusun Batu Bayan Timur RT 002/RW 002, Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Rabu (18/01/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Sertu R Damanik menyampaikan, selain meningkatkan hubungan silaturahmi, kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan dampak dan bahaya Karhutla kepada segenap masyarakat.

Ia memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam upaya antisipasi dan pencegahan terhadap Karhutla. Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli dan berperan aktif menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Lebih lanjut, Sertu R Damanik mengimbau masyarakat untuk menghindari praktek membuka lahan perkebunan dan pertanian dengan cara membakar karena bisa menimbulkan dampak yang tidak baik seperti terjadinya kebakaran hutan yang sangat luas akibat masuknya musim panas atau musim kering.

"Apabila menemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkannya kepada Babinsa atau kepada petugas terkait yang ada di wilayah setempat untuk dapat melakukan cegah dini mengantisipasi dan mencegah terjadinya Karhutla," ujar R Damanik.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).

 

   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel