Marlin Ajak Perempuan Jadi Penggerak Selamatkan Bumi - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Marlin Ajak Perempuan Jadi Penggerak Selamatkan Bumi

Marlin Ajak Perempuan Jadi Penggerak Selamatkan Bumi

Marlin Ajak Perempuan Jadi Penggerak Selamatkan Bumi
Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina Rudi di Pulau Setokok, Sabtu (7/1/2023) (Fhoto : Istimewa)

By Redaksi

BATAM, Infokepri.com - Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina Rudi mengajak kaum perempuan menjadi penggerak untuk menyelamatkan bumi. Salah satunya bergerak dengan memilah sampah dari rumah. Mulailah dari sekarang, mulailah dengan ikhlas.

“Kita dikaruniai satu bumi yang luar biasa ini. Kalau tak kita jaga, siapa lagi yang menjaganya,” kata Wagub Marlin di Pulau Setokok, Batam, Sabtu (7/1) pagi.

Di Pantai Melayu, Pulau Setokok itu, Ketua PIKORI BP Batam ini menyosialisasi program pilah sampah dari rumah. Sebagai pelaku yang menghasilkan sampah, terutama sampah rumah tangga, memilah sampah dari rumah memang harus dilakukan.

Marlin sangat konsisten dengan gerakan ini. Saban tahun, di lokasi yang berbeda-beda, gerakan ini terus dilakukan Marlin. Mengajak, memotivasi dan memberi contoh langsung memilah sampah dari rumah.

Marlin memulainya memang belum lama. Sejak 2016 lalu, dia melakukan langkah kecil ini. Pelan-pelan. Menggerakkan orang-orang sekitar. Ternyata memberikan hasil. Ada dampak yang didapat.

Ketika menjadi Ketua TP PKK Kota Batam, gerakan ini semakin kencang dilakukan Marlin. Di sejumlah daerah, muncul bank-bank sampah. Termasuk di beberapa sekolah.

Marlin pun mengajak ibu-ibu di Setokok untuk membuat bank sampah. Termasuk kader Posyandu yang setiap kegiatan, pemeriksaan bulanan, gerakkan ibu-ibu membawa sampah yang sudah dipilah. Hubungi DLH Batam setelah dalam jumlah yang lumayan. Uangnya bisa dijadikan kas Posyandu.

“Kita yang membuat sampah. Kota juga yang membersihkannya. Kita memilahnya. Jangan buang sembarangan, apalagi ke laut,” ajak perempuan kelahiran Karimun ini.

Paling tidak, pesan Marlin jadilah yang bermanfaat. Paling tidak bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Dengan memilah sampah dari rumah.

“Kita punya sesuatu yang bermanfaat, misalnya, satu saja untuk lingkungan. Menjaga lingkungan kita. Ada kebanggaan bahwa kita bisa ikut berperan menjaga lingkungan,” kata Marlin.

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel