Peringati HUT BPOM ke 22, Kepala BPOM Batam : Masyarakat Harus Bijak Gunakan Antibiotik - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Peringati HUT BPOM ke 22, Kepala BPOM Batam : Masyarakat Harus Bijak Gunakan Antibiotik

Peringati HUT BPOM ke 22, Kepala BPOM Batam : Masyarakat Harus Bijak Gunakan Antibiotik
Kepala BPOM Batam, Lintang Purba Jaya (Fhoto : Infokepri.com)

By P Sipayung

BATAM, Infokepri.com – Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, jika penggunaannya tidak tepat, beragam efek samping antibiotik bisa timbul mulai dari efek samping yang ringan hingga yang berbahaya dan berdampak besar.

“ Penggunaan antibiotic secara berlebihan dapat membuat bakteri menjadi kebal terhadap obat dan juga gangguan jantung,” kata Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Batam, Lintang Purba Jaya kepada wartawan usai kegiatan komunikasi informasi dan edukasi, khususnya terkait antibiotik dan juga obat-obat ilegal dan berbahaya pada Sabtu (28/1/2023) di halaman kantor BPOM Batam di Nongsa, Kota Batam.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPOM ke 22.
Lebih lanjut Lintang Purba Jaya mengatakan pihaknya menghimbau masyarakat agar bijak dan mengurangi penggunaan antibiotik, pasalnya obat tersebut justru berakibat penyakit tidak kunjung sembuh.

“ Kami himbau masyarakat agar tidak berlebihan menggunakan antibiotik lantaran tidak semua  penyakit sembuh dengan antibiotic, bahkan dapat mengakibatkan penyakit yang seharusnya sembuh justru tidak akan sembuh,” katanya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan agar seluruh organisasi profesi kesehatan supaya tidak sembarangan memberikan antibiotic dan apotik juga dilarang menjual antibiotik tanpa resep dari dokter.  (Pay)


Editor : P Sipayung
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel