Buka Musrenbang, Bupati Natuna : Paparkan Kondisi APBD Natuna yang Terus Defisit - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Buka Musrenbang, Bupati Natuna : Paparkan Kondisi APBD Natuna yang Terus Defisit

Buka Musrenbang, Bupati Natuna : Paparkan Kondisi APBD Natuna yang Terus Defisit

Buka Musrenbang, Bupati Natuna : Paparkan Kondisi APBD Natuna yang Terus Defisit
Bupati Natuna Wan Siswandi, menyampaikan sambutannya saat membuka Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur Laut.di Aula Pertemuan Kantor Camat Bunguran Timur Laut, Rabu (08/03/2023). (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com).

By Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com
- Bupati Natuna Wan Siswandi, S.Sos, M.Si, didampingi Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, membuka secara resmi Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur Laut, di Aula Pertemuan Kantor Camat Bunguran Timur Laut, pada Rabu (08/03/2023).

Mengawali acara, rombongan Bupati disambut dengan silat khas Melayu dan juga tari persembahan sekapur sirih.

Camat Bunguran Timur Laut, Yunalis dalam sambutannya menjelaskan kondisi geografis masing-masing desa di Kecamatan Bunguran Timur Laut. Selanjutnya Camat juga menyampaikan total usulan 2104 usulan dari Musrenbang tingkat desa.

"Akan tetapi, mengingat kondisi keuangan daerah yang terbatas, kami pangkas menjadi 10 usulan tiap-tiap desa pada pra musren tingkat kecamatan," ujar Yunalis.

Kemudian Yunalis juga menyampaikan harapan pada Musrenbang Kecamatan ini untuk usulan satu desa satu usulan dan tiga dari kecamatan agar ini menjadi prioritas dan bisa terealisasi.

Sementara itu, Bupati Natuna dalam sambutannya menyampaikan secara umum permasalahan pembangunan tentunya tidak terlepas dari kondisi keuangan  Pemerintah Daerah.

Bupati turut menjelaskan kronologis jumlah APBD Natuna dari awal beliau menjabat pada 2021 sampai 2023 mengalami defisit dan dipangkas serta tunda salur dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah sehingga adanya kegiatan yang tertunda pembayarannya kepada pihak ketiga serta berimbas beberapa kegiatan maupun program tidak jadi dilelang.

"Yang tidak kalah pentingnya beberapa usulan ini sudah ada di DPA, akan tetapi kita juga melihat kondisi keuangan daerah baru berani kita lelang kegiatan di tahun ini," jelas Wan Siswandi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati juga turut menyampaikan pembangunan SDM yang telah dilakukan Pemerintah Daerah diantaranya berbentuk kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi untuk anak-anak daerah mengenyam pendidikan disana guna menjadi SDM yang unggul dan bisa bekerja pada industri yang menjadi disiplin ilmu mereka.

Turut hadir dalam Musrenbang ini, Ketua dan Wakil DPRD serta anggota Dapil 1, Tim Asistensi dan Kepala OPD, unsur Forkopimpcam serta Kepala Desa se-Jecamatan Bunguran Timur Laut. (Nard).


Editor : P.Sipayung
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel