Tinjau KMP Bahtera Nusantara 03, Menhub Budi Akan Undang Presiden Jokowi untuk Meresmikannya - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tinjau KMP Bahtera Nusantara 03, Menhub Budi Akan Undang Presiden Jokowi untuk Meresmikannya

Tinjau KMP Bahtera Nusantara 03, Menhub Budi Akan Undang Presiden Jokowi untuk Meresmikannya
Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Ansar dan Forkopimda Kepri dan Batam saat meninjau KMP Bahtera Nusantara 03di Dermaga Penyebrangan Pelabuhan Punggur Batam, Sabtu (4/2/2023) (Fhoto : Ist)

By Posman
BATAM, Infokepri.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan mengundang Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk meresmikan KMP Bahtera Nusantara 03.

“ Bapak Presiden selalu berpesan agar melakukan suatu pekerjaan yang deliver. Hari ini sudah deliver, oleh karena itu saya mengundang Bapak Presiden untuk meresmikan kapal ini karena saya bangga kita bisa melakukan ini,” kata Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan soft launching pengoperasian Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bahtera Nusantara 03 sebagai kapal penyeberangan Ro-Ro baru di Dermaga Penyebrangan Pelabuhan Punggur Batam, Sabtu (4/2/2023).

Dalam meninjau KMP Bahtera Nusantera 03 tersebut,  Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Kepri H Ansar Ahmad bersama Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Tabana Bangun,M.Si,  Walikota Batam Muhammad Rudi dan Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto serta unsur Forkopimda Provinsi Kepri dan Kota Batam serta Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi.

Lebih lanjut Menhub Budi mengatakan kapal ini akan dioperasikan langsung oleh BUMN, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Adapun rute yang dilayaninya Tanjunguban Bintan - Tambelan Bintan di Provinsi Kepri ke Sintete, Provinsi Kalimantan Barat. 

Menurutnya rute pelayaran KMP Bahtera Nusantara 03 ini  merupakan terobosan yang mempersatukan Indonesia di wilayar terluar karena mampu mempermudah masyarakat dalam beraktivitas antarpulau. 

Kapal ini merupakan sebuah wujud nyata dari amanat Presiden Joko Widodo untuk bisa menyiapkan sarana prasarana untuk daerah tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan.

Sementara Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Perhubungan yang sudah menghadirkan kapal tersebut.

Ia menyebut luas wilayah Provinsi Kepri 96 % adalah lautan, dengan hadirnya kapal ini dapat membantu terkait urusan konektifitas. Beliau juga bangga kapal ini diproduksi di Batam.

Dikatakannya kapal tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk orang, tetapi juga untuk logistik. Dan ini sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menjamin kebutuhan pokok masyarakat di perbatasan sebagai salah satu cara menakan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Gubernur Ansar berharap masyarakat Kepri dapat memanfaatkan kapal tersebut dan ketersedian logistic dapat lebih terjamin.

Untuk diketahui KMP Bahtera Nusantara 03 bernilai Rp 96 miliar,- memiliki bobot 1.500 GT, panjang keseluruhannya  71,92  meter, lebar 14 meter, tinggi: 4,6 meter, kecepatan dinas 15 knot.

Kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan ABK 24 orang, serta kendaraan 14 unit truk besar, 12 unit truk sedang, dan 10 unit kendaraan roda 4 dan berlayar seminggu sekali. (Pay)

Editor : Redaksi


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel