Babinsa Agung Sucianto Dampingi Seorang Petani untuk Meningkatkan Produksi Pertaniannya - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa Agung Sucianto Dampingi Seorang Petani untuk Meningkatkan Produksi Pertaniannya

Babinsa Agung Sucianto Dampingi Seorang Petani untuk Meningkatkan Produksi Pertaniannya
Babinsa Desa Sepempang Serka Agung Sucianto memberikan motivasi dan pendampingan kepada petani di RT 01/RW 03 Taluk Baruk, Minggu (05/03/2023)(Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com).

By Bernard Simatupang
NATUNA, Infokepri.com
- Dalam upaya meningkatkan ketersediaan pangan masyarakat, Babinsa Desa Sepempang, Serka Agung Sucianto, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan Sudarman, seorang petani yang sedang mengelola ladangnya di RT 01/RW 03 Taluk Baruk, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Minggu (05/03/2023).

Serka Agung Sucianto menyampaikan, selain menjalin silaturahmi, kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan motivasi kepada warga binaan agar selalu semangat dalam bekerja, sekaligus memberikan pendampingan agar hasil pertanian atau perkebunan yang mereka kelola dapat lebih maksimal.

“ Hal ini dilakukan guna mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai  perpanjangan tangan mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan  ketersediaan pangan masyarakat," ungkapnya.

Babinsa Agung Sucianto memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Sudarman, atas kegigihannya walau dalam kondisi cuaca yang ekstrim dan masa-masa sulit seperti saat sekarang ini masih bisa memanfaatkan lahan tanahnya untuk diolah menjadi lahan ketahanan pangan keluarga dengan menanam cabe, kacang tanah, ubi rambat, semangka, pisang, dan tanaman lainnya sehingga hasilnya dapat dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarga sehari hari.

Lebih lanjut, Serka Agung Sucianto memberikan arahan kepada Sudarman beserta keluarga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan kerja dalam setiap melakukan aktifitas.

Tidak lupa, ia juga mengimbau Sudarman beserta segenap keluarga dan warga lainnya agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

"Apabila terjadi permasalahan baik dalam keluarga maupun dalam lingkungan sekitar agar segera melaporkannya kepada Babinsa atau aparat desa untuk segera ditindak lanjuti guna mengambil solusi penyelesainnya," pungkasnya.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Editor : P Sipayung
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel