Babinsa David Alaslan Sosialisasikan Pencegahan Karhutla kepada Warga Binaan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa David Alaslan Sosialisasikan Pencegahan Karhutla kepada Warga Binaan

Babinsa Desa Cemaga, Serda David Alaslan, saat mensosialisasikan pencegahan Karhutla kepada warga yang sedang membangun rumah di RT 04/RW 03, Desa Cemaga, Kamis (30/03/2023).
. (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com).

By Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com
- Babinsa Desa Cemaga, Serda David Alaslan, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, sosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga binaan.

Sosialisasi pencegahan Karhutla itu dilakukan Serda David Alaslan saat melakukan komunikasi sosial (Komsos) kepada warga yang sedang membangun rumah di RT 04/RW 03, Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Kamis (30/03/2023).

Guna mengantisipasi kebakaran yang lebih luas, Serda David Alaslan mengajak segenap masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Dalam kesempatan ini, Serada David Alaslan juga mensosialisasikan bagaimana cara mencegah kebakaran hutan dan lahan, dampak dan bahaya kebakaran, serta ancaman bagi orang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar.

Antisipasi sejak dini perlu dilakukan dan menjadi prioritas guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Bunguran Selatan, khususnya Desa Cemaga.

"Mencegah kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab kita bersama, oleh karenanya saya berharap kepada seluruh masyarakat agar menjauhi faktor-faktor yang bisa menimbulkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ujar David Alaslan.

Ia juga berharap kepada segenap warga, apabila ada menemukan tanda-tanda akan terjadinya kebakaran agar segera melaporkan kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, atau aparat terdekat lainnya untuk segera mengambil tindakan pemadaman.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Editor : P Sipayung
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel