Ketua DPRD Batam Hadiri Pembukaan STQH ke IX yang Diikuti 240 Qori dan Qoriah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Ketua DPRD Batam Hadiri Pembukaan STQH ke IX yang Diikuti 240 Qori dan Qoriah

Ketua DPRD Batam Hadiri Pembukaan STQH ke IX yang Diikuti 240 Qori dan Qoriah
Ketua DPRD Batam Nuryanto membersamai Walikota Rudi menyerahkan piala bergilir STQH ke IX Tahun 2023 Tingkat Kota Batam di Lapangan Sepak Bola Usman Harun Kelurahan Tanjung Piayu Kecamatan Sei. Beduk, Jum'at (10/3/2023) (Fhoto : Infokepri.com)

By Posman

BATAM, Infokepri.com – Ketua DPRD Batam Nuryanto menghadiri Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke IX Tahun 2023 Tingkat Kota Batam yang dibuka oleh Walikota Batam Muhammad Rudi dengan memukul kompang bersama unsur Forkopimda Kota Batam pada Jum'at (10/3/2023) malam di lapangan sepak bola Usman Harun Kelurahan Tanjung Piayu Kecamatan Sei. Beduk.

Saat membuka STQH ini Ketua DPRD Batam Nuryanto bersama Walikota Batam HM Rudi menyerahkan piala bergilir kepada panitia, untuk kembali dipertandingkan.

Pembukaan STQH ini juga dihadiri oleh, Wakil Ketua I, Muhammad Kamaluddin, serta Anggota Komisi IV, Taufik Muntasir dan Anggota Komisi III, Amri, SE, Kepala OPD Kota Batam, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam , Tokoh Agama, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda Para Pimpinan Kafilah, Kepala KUA, dan para kafilah, serta masyarakat Kota Batam.

Ketua DPRD Batam Nuryanto saat ditemui wartawan mengatakan pihaknya berharap agar STQH berjalan dengan baik dan melahirkan qori dan qoriah yang terbaik dari masing-masing utusan kecamatan. 


Politisi PDI Perjuangan ini berharap setelah qori dan qoriah yang terbaik terpilih dapat terus dilakukan pembinaan agar bisa memberikan yang terbaik, pada STQH tingkat provinsi maupun MTQH tingkat provinsi dan nasional.

Penyelenggaraan STQH ke IX Tahun 2023 Tingkat Kota Batam yang dilaksanakan di Kelurahan Tanjungpiayu, Kecamatan Sungai Beduk ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan konsep alam khas tanah melayu, nuansa warna hijau menjadi pemanisnya.

Pembukaan STQH Ke IX, diawali dengan iringan defile dari Kecamatan, Kelurahan se-kota Batam diiringi musik dari Bahana Barelang Drum Corps (BBDC) Kota Batam, juga dimeriahkan artis ibu kota Dewi Hajar yang juga merupakan konten kreator dan penyanyi shalawat yang aktif di Instagram, TikTok hingga YouTube.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam selaku Ketua Panitia STQH Ke IX Tahun 2023 Tingkat Kota Batam dalam laporannya, mengatakan STQH ini akan digelar selama 6 hari terhitung mulai tanggal 10 sampai dengan 15 Maret 2023 mendatang.

Ia menyebut STQH ke IX ini mengusung tema " Melalui STQH IX tahun 2023 kita wujudkan Batam sebagai bandar dunia madani, modern dan sejahtera menuju Batam kota baru,”

Lanjutnya, kegiatan STQH Ke IX tahun 2023 merupakan wahana silaturrahmi yang efektif dalam mempererat ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniah sekaligus sebagai salah satu upaya membangkitkan dasar kecintaan umat islam kota Batam terhadap kitab suci al-qur’an.

Ia juga menyampaikan tujuan pelaksanaan STQH Ke IX dalam rangka Meningkatkan kemampuan membaca, menulis, menerjemahkan, menghafal, menafsirkan, memahami dan mengamalkan isi kandungan al-qur’an dan hadits di kalangan umat islam; terbinanya masyarakat qur’ani dan berakhlaqul karimah serta menjadi pioner dalam pembangunan keagamaan di kota batam; mencari kader-kader qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah, mufassir dan mufassirah Kota Batam yang lebih baik dan lebih berkualitas.

"Semoga dengan kegiatan ini, terbinanya masyarakat qurani dan berakhlakul karimah," terang Jefridin.

Adapun peserta cabang–cabang lomba STQH IX tahun ini memperlombakan yakni pertama cabang tilawah al-qur 'an diikuti Golongan anak-anak dan Golongan dewasa. Kedua cabang hifzh al-qur’an untuk Golongan 1 juz tilawah; Golongan 5 juz tilawah; Golongan 10 juz ; Golongan 20 juz; dan Golongan 30 juz, setiap cabang diikuti Golongan putera dan puteri.  Selanjutnya, Ketiga Cabang tafsir al- qur’an golongan bahasa arab putera dan puteri.

Keempat cabang musabaqah hadits nabi yakni untuk Golongan hafalan 100 hadits dengan sanad putera dan puteri; Golongan hafalan 500 hadits tanpa sanad putera dan puteri. Kelima cabang qasidah rebana dan terakhir cabang bazar.

"Peserta yang ikut STQH IX merupakan peserta terbaik se-kecamatan di Kota Batam dengan total 240 orang," ujarnya.

Jefridin menyampaikan bahwa penyelenggaraan STQH ke IX tingkat kota Batam telah dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Ia berharap para kafilah dari berbagai kecamatan untuk bersungguh-sungguh mengikuti event STQH ini sehingga siap bertanding di event STQH, serta kegiatan ini dapat menghasilkan qori dan qoriah terbaik untuk tampil di level provinsi dan nasional.

"Sebagai Ketua Umum Panitia MTQ, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh teman-teman panitia yang telah bekerja keras sejak dari awal hingga malam ini (opening ceremony) sehingga berlangsung sukses dan meriah. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan seluruh elemen terkait, sehingga pelaksanaan pembukaan STQH Ke IX berlangsung meriah, berjalan lancar tanpa kendala berarti,” tutupnya. (Pay)


Editor : P Sipayung



 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel