Memasuki Musim Kemarau, Babinsa Muhammad Gusnadi Sosialisasikan Karhutla - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Memasuki Musim Kemarau, Babinsa Muhammad Gusnadi Sosialisasikan Karhutla

Memasuki Musim Kemarau, Babinsa Muhammad Gusnadi Sosialisasikan Karhutla
Babinsa Desa Air Lengit, Serda Muhammad Gusnadi, saat memberikan edukasi dan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada  warga di RT 02/RW 01 Desa Air Lengit,Selasa (38/03/2023) (Fhoto : Bernard Simatupang).

By Bernard Simatupang 


NATUNA, Infokepri.com
– Memasuki musim kemarau di Kabupaten Natuna, Babinsa Desa Air Lengit, Serda Muhammad Gusnadi, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, sosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga binaan di RT 02/RW 01 Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah, Selasa (38/03/2023).

Dengan masuknya musim kemarau atau musim panas di Kabupaten Natuna, Babinsa Muhammad Gusnadi berkomitmen untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah yang merupakan wilayah binaannya. Salah satunya dengan memberikan edukasi dan sosialisasi terus menerus kepada masyarakat tentang pencegahan Karhutla.

Dikatakan Muhammad Gusnadi, kegiatan sosialisasi pencegahan ini adalah bagian dari upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar turut aktif bersama-sama melakukan pemantauan dan tindakan dini dalam upaya pemadaman bila terjadi kebakaran, agar api bisa ditanggulangi sebelum membesar.

Ia mengimbau seluruh komponen masyarakat agar tetap waspada dan melakukan pencegahan dini saat memasuki musim kemarau dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Kebakaran hutan dan lahan tidak bisa hanya ditangani oleh satu institusi saja, namun harus dilakukan secara bersama untuk mengambil peran masing-masing baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat," ucap Muhammad Gusnadi.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).



   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel