Festival Lampu Hias Colok dan Elektrik, Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Festival Lampu Hias Colok dan Elektrik, Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Festival Lampu Hias Colok dan Elektrik, Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H
Lampu hias berbentuk Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin seperti kapal yang terkenal megah di Brunei, Kamis (20/4/2023) (Fhoto : James/Infokepri.com)


By James

KARIMUN, Infokepri.com - Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Karimun kembali menggelar Festival Lampu Hias Colok dan Elektrik

Festival tersebut merupakan tradisi turun temurun yang dahulu hanya sebagai penerang warga menuju masjid. Namun sekarang sebagai seni pertunjukan yang sangat dinanti masyarakat.

Lampu colok yang dulu hanya dijejer rapi sepanjang jalan dengan tujuan sebagai penerang masyarakat Muslim menuju masjid untuk tarawih. Namun sekarang kembali digelar pemerintah dalam bentuk seni pertunjukan melalui Festival Lampu Hias Eid Mubarak.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengapresiasi antusias masyarakat Kabupaten Karimun yang ikut serta membuat lampu hias yang diikuti oleh 44 peserta lampu hias colok dan 50 peserta lampu hias elektrik.

Koordinator Lampu Colok Awang Noor, Bintang mengatakan pemuda kreatif di Awang Noor ikut menjadi peserta. Ia mengatakan pihaknya bergotong royong membuat lampu hias berbentuk Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin seperti kapal yang terkenal megah di Brunei.

“ Pada zaman Rasulullah SAW menyebarkan  agama Islam dengan bahtera kapal, terlebih Kepri merupakan daerah kepulauan yang sangat mengandalkan transportasi laut,” kata Bintang, Kamis (20/4/2023)

Tidak hanya di Awang Noor, berbagai menara masjid yang cantik juga dipamerkan. Festival ini menjadi ajang cuci mata masyarakat merindukan suasana lebaran. Dalam kegiatan ini panitia menyediakan hadiah dengan total Rp 135 juta. (Mes)

Editor : P Sipayung


Editor : Herry
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel