Ikuti Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Idulfitri, Jefridin : Intervensi Harga Pasar Pemko Gelar Pasar Murah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Ikuti Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Idulfitri, Jefridin : Intervensi Harga Pasar Pemko Gelar Pasar Murah

Ikuti Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Idulfitri, Jefridin : Intervensi Harga Pasar Pemko Gelar Pasar Murah
Sekdako Batam Jefridin saat mengikuti Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Menghadapi Idul Fitri 1444 H/2023 M, di Lantai 3 Gedung Polresta Barelang, Kamis (6/04/2023) (Fhoto : dok Diskominfo Batam)

By Posman
BATAM, Infokepri.com
– Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo secara virtual memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Dalam Rangka Menghadapi Idul Fitri 1444 H/2023 M, Kamis (6/04/2023).

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam Jefridin Hamid mengikuti rapat tersebut mewakili Walikota Batam Muhammad Rudi dari Lantai 3 Gedung Polresta Barelang. 

Di lingkungan Polresta Barelang Rakor dipimpin oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH dan dihadiri Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto.

Beberapa informasi penting yang disampaikan melalui paparan para stakeholder dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H/2023 M diantaranya pelaksanaan Operasi Ketupat yang akan dilaksanakan mulai tanggal 17 April hingga 1 Mei 2023. 

Pengamanan perlu dilakukan untuk mewaspadai pelaku teror, Ormas yang melakukan sweaping, kontrol terhadap bahan makanan pokok, perdagangan petasan, pusat perbelanjaan, masjid, tempat wisata, bandara, SPBU serta lokasi pemukiman yang ditinggalkan oleh pemudik. Tempat-tempat itu menurutnya harus dikawal dan diamankan untuk menghindari terjadinya tindakan kejahatan.

Diperkirakan puncak mudik dimulai tanggal 19-21 April 2023. Polri mempersiapkan sebanyak 1.240 personel, Polda 91.153 personel, dan instansi terkait 55.818 personel. Persiapan pengamanan Polri mempersiapkan 2.787 posko. Yang terdiri dari Pos Pengamanan sebanyak 1.857, Pos Pelayanan sebanyak 713 dan Pos Terpadu sebanyak 217.

Terkait pengamanan terhadap persediaan bahan pokok dalam rangka Idul Fitri 1444 H/2023 M, rencananya Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama dengan Forum Komunikasi Perangkat Daerah akan menggelar rapat pada tanggal 12 April 2023. 

Jefridin mengungkapkan bahwa untuk persediaan bahan pokok, akan dilakukan pengecekan ke gudang sembako. Untuk melakukan kontrol harga di pasaran, pihak Pemko menurutnya juga akan turun ke sejumlah pasar tradisional.

“Untuk  mengintervensi harga pasar, jelang lebaran Idulfitri Pemko Batam juga menyelenggarakan pasar murah. Kegiatan pasar murah akan digelar di 10 titik yang ada di sembilan kecamatan mainland. Salah satu tujuan kegiatan pasar murah ini untuk mengintervensi harga pasar,” sebut Jefridin.

Pasar murah jelang lebaran menurutnya akan digelar selama lima hari, mulai Rabu (12/04) di Kelurahan Seibinti, Kecamatan Sagulung dan di Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji. Hari kedua, Kamis (13/04), pasar murah digelar di Kecamatan Sekupang dan dipusatkan di Kelurahan Tiban Indah. Pada hari yang sama, juga digelar di Kecamatan Lubukbaja. Jumat (14/04), kegiatan pasar murah dilaksanakan di Kecamatan Seibeduk dan Kecamatan Sagulung. Pada Sabtu (15/04), kegiatan pasar murah di Kecamatan Batuampar dan Bengkong. Terakhir, Minggu (16/04) pasar murah digelar di Kecamatan Batamkota, dan Kecamatan Nongsa.

Sama dengan kegiatan pasar murah sebelumnya, masyarakat dapat membeli bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, minyak goreng, beras Bulog. Distributor menurutnya juga menyediakan Daging beku sapi, daging beku kerbau, daging ayam beku, gula, mentega, tepung, hingga sayur mayur.(Pay)

Editor : P Sipayung



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel