Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah
Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto (Fhoto : Infokepri.com)

By Posman


BATAM, Infokepri.com
–  Walikota Batam Muhammad Rudi memimpin upacara memperingati Hari Otonomi Daerah XXVII tahun 2023 pada Sabtu (29/4/2023) di Alun-Alun Engku Putri Batam Center, Batam.

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto juga mengikuti upacara tersebut bersama Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, Forkopimda Kota Batam, sejumlah pejabat OPD Pemko Batam, Camat, Lurah dan tokoh masyarakat Batam.

Rudi yang juga Kepala BP Batam mengatakan pihaknya akan terus mempercepat pemerataan pembangunan dan peningkatan pendapatan daerah.

“ Esensi filosofis dari Otonomi Daerah adalah desentralisasi kewenangan agar daerah mencapai kemandirian fiskal. Salah satunya yaitu dengan menggali potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan,” kata Rudi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Walikota Rudi mengajak seluruh pihak untuk melakukan refleksi sejenak, untuk kembali memahami esensi filosofis dari diterapkannya Otonomi Daerah yang saat ini genap berusia 27 tahun.

Sementara Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto kepada wartawan usai mengikuti upacara tersebut mengatakan Hari Otonomi Daerah diperingati setiap tanggal 25 April pasca ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996 pada tanggal 7 Februari 1996 lalu.

Menurut Nuryanto, penetapan tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah sebagai bentuk memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otonomi Daerah. Serta merupakan tonggak sejarah bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam administrasi pemerintahan di Indonesia. 

Nuryanto berharap momentum peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII tahun 2023,  bisa dijadikan sebagai pengingat semua unsur pemerintahan untuk bisa bersama-sama dan berkomitmen dalam membangun daerah. Sekaligus sebuah langkah serius dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“ DPRD Kota Batam akan turut melakukan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan Otonomi Daerah (Otda) yang mampu meningkatkan kinerja penyelenggara pemerintah daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat,” katanya.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, jika hal tersebut dilakukan penyelenggara pemerintah dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya warga Batam.

Nuryanto sangat berharap Pemerintah Daerah selalu menjaga sinergitas dengan Pemerintah Pusat, DPRD dan kepada masyarakat. (Pay)


Editor : P Sipayung
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel