Komsos dengan Warga Binaan, Babinsa Andi Hakim Sosialisasikan Dampak dan Bahaya Kebakaran - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Komsos dengan Warga Binaan, Babinsa Andi Hakim Sosialisasikan Dampak dan Bahaya Kebakaran

Babinsa Desa Limau Manis Serda Andi Hakim, saat memberikan arahan tentang dampak dan bahaya karhutla kepada warga. (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com).


By Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Limau Manis, Serda Andi Hakim, Personil Koramil.01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga binaan di Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Sabtu (29/04/2023).

Selain monitor wilayah binaan, Babinsa Andi Hakim melakukan sosialisasi tentang pencegahan, dampak dan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga binaan.

Dikatakannya, secara umum ada dua hal yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yaitu secara alami dan karena ulah manusia.

Penyebab terjadinya Karhutla secara alami yaitu adanya kilat yang menyambar pohon,  adanya gesekan antara ranting tumbuhan kering yang mengandung minyak akibat goyangan angin yang menimbulkan panas atau percikan api dan faktor lainnya yang dapat menimbulkan api.

"Sedangkan penyebab terjadinya Karhutla akibat ulah manusia diantaranya dikarenakan oleh beberapa kegiatan seperti pembakaran sampah sembarangan dan pembukaan lahan perkebunan/pertanian dengan cara membakar. Penyebab lainnya yang berasal dari manusia adalah nyala api rokok, percikan listrik atau sumber api lainnya bersentuhan dengan bahan yang mudah terbakar," ujar Andi Hakim.

Lebih lanjut Andi Hakim memberikan arahan dalam upaya menciptakan kesadaran tentang kebakaran hutan dan lahan kepada seluruh komponen masyarakat.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama peduli dan berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan mengimbau untuk tidak membakar sampah sembarangan serta tidak membuka lahan pertanian/perkebunan dengan cara dibakar.

"Apabila menemukan tanda-tanda akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, segera laporkan kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, aparat desa, maupun aparat terkait lainnya untuk segera ditindaklanjuti," harapnya. (Nard)



   = DARI NATUNA JNTUK INDONESIA =
Editor : P Sipayung
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel