Gubernur Kepri Pimpin Hari Kebangkitan Nasional Ke -115 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Gubernur Kepri Pimpin Hari Kebangkitan Nasional Ke -115

Gubernur Kepri Pimpin Hari Kebangkitan Nasional Ke -115
Gubernur Kepri Bersama Peserta Upacara

KEPRI, Infokepri.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri ) melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, upacara di pimpin langsung oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak Tanjung Pinang. Senin, (22/05/2023)

Dalam amanatnya, Gubernur Kepri menyampaikan bahwa 115 tahun lalu bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 sejak saat itu gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu berdaulat adil dan makmur.

Disamping itu, Budi Utomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional yaitu memerdekakan cita-cita kemanusiaan kemudian memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia barisan persatuan yang dibentuk oleh Budi Utomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit baik pada masa pra kemerdekaan maupun pasca kemerdekaan.

"Di masa ini disaat kemerdekaan telah kita raih barisan perjuangan kita harus tetap rapat erat dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 2045," terangnya.

Lanjutnya, Badan kesehatan dunia atau WHO telah mengumumkan bahwa status darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut, dan patut disyukuri karena dunia telah melalui krisis pandemi Covid-19 selama 3 tahun terakhir di tengah kekurangan tantangan dan masalah yang dihadapi bersama barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

"Ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke 115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit di pasca pandemi Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama," terangnya.

Gubernur Kepri Pimpin Hari Kebangkitan Nasional Ke -115
Gubernur Kepri Bersama Atlit Tim Nasional Indonesia  U22 Asal Lingga
Lanjutnya lagi, Kementerian lembaga pemerintah daerah sektor swasta akademisi pers komunitas dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa Indonesia.

"Data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia di Tahun 2022 tumbuh tercatat 5,31 persen year-on-year jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

Pertumbuhan perekonomian Indonesia di triwulan 1 tahun 2023 pun masih tercatat terus tumbuh sebesar 5,03 menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan 4 Tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01%.

"Capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia," katanya.

Hari Kebangkitan Nasional juga harus dimaknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan perbaikan atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan, dan kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui berbagai forum internasional dunia yang telah menyaksikan Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar yaitu G20 presidensial.

"G20 Indonesia di Tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema recover together recover stronger," tutup Gubernur Kepri.

Sebelumnya, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini terkesan lebih spesial karena di barengi dengan kehadiran Muhammad Ramadhan Sananta punggawa Timnas Indonesia U22 asal Lingga - Kepri, peraih medali emas Sea Games Kamboja 2023 dan T.M Septiadi Ardiansyah (peraih medali emas cabor E-sport Sea Games Kamboja 2023).


Editor : Andi Pratama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel