Komsos dengan Pedagang Kelontong, Babinsa Yuniaro Zebua Sosialisasikan Dampak dan Bahaya Karhutla - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Komsos dengan Pedagang Kelontong, Babinsa Yuniaro Zebua Sosialisasikan Dampak dan Bahaya Karhutla

Babinsa Kelurahan Bandarsyah Serda Yuniaro Zebua, saat melakukan komsos denga Hermansyah pemilik warung kelontong. (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com)

By Bernard Simatupang
NATUNA, Infokepri.com
- Babinsa Kelurahan Bandarsyah, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, Yuniaro Zebua, melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan Hermansyah pemilik warung kelontong di Jalan HR Soebrantas RT 003/RW 003, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Jumat (05/05/2023).

Selain monitoring wilayah binaan, dalam kegiatan ini, Serda Yuniaro Zebua sekaligus melakukan silaturahmi dengan warga salah satunya keluarga Hermansyah dalam suasana Idul Fitri.

Dalam Komsos ini, Serda Yuniaro Zebua berkesempatan memberikan arahan kepada Hermansyah tentang dampak dan bahaya kebakaran hutan dan lahan disaat musim kemarau seperti yang terjadi saat ini di Natuna.

Ia mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk berhati-hati setiap melakukan pembersihan kebun untuk tidak melakukan pembakaran, dan melarang setiap warga untuk tidak membuka lahan pertanian/perkebunan dengan cara membakar guna menghindari kebakaran hutan yang lebih luas.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).



   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA

Editor : Herry
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel