Penindakan PMI Ilegal di Bengkong, Pelaku Sudah Banyak Kirim Ke Singapura - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Penindakan PMI Ilegal di Bengkong, Pelaku Sudah Banyak Kirim Ke Singapura

Penindakan PMI Ilegal di Bengkong, Pelaku Sudah Banyak Kirim Ke Singapura
Suasana Penindakan PMI Secara Ilegal ke Singapura (Foto by www.infokepri.com)

BATAM, Infokepri.com - Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Bengkong menggerebek sebuah rumah yang diduga menjadi lokasi penampungan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal di Perumahan Golden Prima Blok E Nomor 23, Tanjung Buntung, Bengkong - Batam.

Dalam penindakan, sekitar 11  CPMI yang akan diberangkatkan ke Singapura berhasil diselamatkan. Selain  itu, 2 orang yang menjadi pengurusnya turut diamankan dan telah di tetapkan menjadi pelaku, berinisial YU (37 tahun) seorang perempuan, dan AR (50 tahun) seorang laki-laki.

Terkait hal itu, Kapolsek Bengkong, AKP Muhammad Rizqy Saputra, STK., SIK., M.Si, mengatakan pengungkapan ini dilakukan berawal adanya informasi yang didapat, terkait dugaan orang perseorangan yang melaksanakan atau penempatan PMI ilegal.

Dengan melibatkan sekuriti dan perangkat RT/RW setempat. "Saat rumah didatangi, ditemukan adanya belasan perempuan yang diduga akan dijadikan sebagai PMI. Setelah dilakukan pengecekan, tidak ditemukan adanya dokumen-dokumen resmi sebagai penyalur PMI ke luar negeri, dan dipastikan bahwa penampungan tersebut ilegal," katanya, (7/8).

Selain belasan CPMI, lanjutnya juga terdapat dua pengurus yang tinggal di rumah tersebut. Kedua pengurus dan para CPMI langsung dibawa ke Mapolsek Bengkong untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Setelah dilakukan gelar perkara, dua pengurus tersebut telah ditetapkan sebagai pelaku. Mereka juga sudah ditahan di Mapolsek Bengkong," terangnya.

Lanjutnya lagi, hasil pemeriksaan yang dilakukan, dua pengurus tersebut memiliki peran masing-masing. Untuk YU bertanggungjawab mengawasi para CPMI. Sedangkan AR merupakan pemilik rumah dan juga bertugas menjemput CPMI ke Bandara Hang Nadim saat tiba di Batam.

"AR juga telah benyak mengirim CPMI untuk bekerja ke Singapura melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre. Para CPMI itu berangkat ke Singapura menggunakan paspor pelancong," ungkapnya.

"Kita masih terus kembangkan untuk mencari orang yang merekrut para CPMI ini. Belasan CPMI itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Jawa, Sulawesi dan daerah lainnya," tutup Kapolsek Bengkong.


Editor : Andi Pratama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel