Menghasilkan 1200 Ton Sampah, Pemko Batam Gencarkan Sosialisasi Pilah Sampah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Menghasilkan 1200 Ton Sampah, Pemko Batam Gencarkan Sosialisasi Pilah Sampah

Menghasilkan 1200 Ton Sampah, Pemko Batam Gencarkan Sosialisasi Pilah Sampah
Suasana Penyampaian Sekdako Batam Pada Kegiatan Workshop (Foto by ist/infokepri.com)

BATAM, Infokepri.com - Sekretaris Daerah Kota (sekdako) Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi Workhsop Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, di Aula Engku Hamidah lantai IV Kantor Walikota, Batam Centre - Batam.

Dalam kesempatan tersebut, Sekdako Batam menyampaikan bahwa kegiatan pilah sampah ini merupakan kebijakan Wali Kota Batam untuk menyikapi persoalan Sampah. Jika tidak disikapi dan dikelola dengan baik maka akan berdampak tidak baik bagi Kota Batam. Sampai saat ini tercatat 250 unit Bank Sampah di Kota Batam.

Bicara soal sampah adalah bicara soal kehidupan karena sampah diproduksi oleh manusia setiap harinya. Jika tidak disikapi dengan baik akan menjadi persoalan bagi kehidupan. Berdasarkan hasil kajian setiap individu menghasilkan sampah 0,8 kg. Jika dihitung dengan jumlah penduduk Batam lebih kurang 1,3 juta, maka  Batam menghasilkan sampah sekitar 1.200 ton diluar sampah pasar dan sampah industri.

"Jika ini tidak disikapi, akan luar biasa sekali sampah yang dihasilkan. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan berdampak pada terjadinya banjir. Untuk itu pilah sampah ini menjadi salah satu solusi untuk mengelola sampah,” terangnya, (27/11).

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Herman Rozi menyampaikan kegiatan ini diinisiasi oleh pembina Bank Sampah. Sosialisasi pilah sampah terus dilaksanakan kepada masyarakat yang belum melakukan pilah sampah. Setiap tahunnya Pemko Batam melakukan sosialisasi pilah sampah di 50 lokasi.

"Yang hadir mengikuti wokshop ini adalah Ibu-ibu hebat yang sudah mengelola sampah. Workshop ini untuk memberikan pengetahuan terkait pengelolaan sampah yang diikuti 200 pengurus unit Bank Sampah di Kota Batam. Adapun materi dalam kegiatan workshop ini, Pengelolaan Sampah Organik melalui Maggot Black Soldier Fly (BSF), Budaya Pilah Sampah dari Rumah dan memanfaatkan Sampah Organik menjadi Eco Enzym," tutupnya. (*)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel