Cegah Penyakit Deman Berdarah, Babinsa David Alaslan Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Cegah Penyakit Deman Berdarah, Babinsa David Alaslan Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Cegah Penyakit Deman Berdarah, Babinsa David Alaslan Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan
Babinsa Desa Cemaga Tengah, Serda David Alaslan, saat melaksanakan komsos dengan warga binaan. (Fhoto : Bernard S/Infokepri.com).

By Bernard.S

NATUNA, Infokepri.com
- Babinsa Desa Cemaga Tengah, Serda David Alaslan, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga binaan di RT 02/RW 02, Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Sabtu (16/12/2023).

Dikatakan Babinsa David Alaslan, selain menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan kekeluargaan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan monitoring guna mengetahui perkembangan situasi dan kondisi wilayah binaan.

"Dengan melakukan monitoring kita dapat menggali informasi serta dapat mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, sehingga dapat melakukan deteksi dini serta cegah dini sebelum permasalahan berkembang," ujarnya.

Sehubungan dengan masuknya musim penghujan di Kabupaten Natuna, khususnya di Desa Cemaga Tengah, Babinsa David Alaslan mengimbau seluruh komponen masyarakat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya guna menghindari penyebaran penyakit demam berdarah yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti.

Lanjutnya, nyamuk Aedes Aegypti memilih bersarang dan bertelur di tempat yang lembap, seperti genangan air yang jernih. Di dalam rumah, nyamuk ini banyak ditemukan berkembang biak di tempat penampungan air, misalnya bak mandi, vas bunga, talang air, atau tempat minum hewan peliharaan.

"Bahkan nyamuk ini juga dapat bersembunyi di sudut rumah yang minim cahaya, seperti kolong tempat tidur atau di balik lemari dan di sela-sela pakaian yang tergantung," ucapnya.

“ Untuk menghindari demam berdarah, mari kita secara bersama-sama melakukan pencegahan dini dengan menjaga kebersihan lingkungan, menimbun barang bekas yang tidak terpakai, menghilangkan genangan air, menaburkan bubuk Abate, dan melakukan vaksinasi DBD," ujarnya.

Kemudian, mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melakukan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, kendalikan stres, dan olahraga secara teratur. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =


Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel