Babinsa Andi Hakim Sosialisasikan Pencegahan Karhutla kepada Masyarakat Desa Selemam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa Andi Hakim Sosialisasikan Pencegahan Karhutla kepada Masyarakat Desa Selemam

 

Babinsa Andi Hakim Sosialisasikan Pencegahan Karhutla kepada Masyarakat Desa Selemam
Babinsa Andi Hakim saat melaksanakan Komsos masyarakat Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Sabtu (18/05/2024) (Bernard.S / Infokepri.com)

By Bernard.S
NATUNA, Infokepri.com
- Babinsa Desa Selemam, Serda Andi Hakim, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, sosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Sabtu (18/05/2024).

Dengan tidak bosan-bosannya, Babinsa Andi Hakim kembali mendatangi masyarakat dalam rangka memberikan pengarahan terkait pencegahan Karhutla serta dampak yang ditimbulkan akibat Karhutla terhadap kehidupan.

Dikatakan Sertu Andi Hakim, kebakaran hutan dan lahan berakibat pada pencemaran udara dan menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan manusia antara lain infeksi saluran pernapasan, sesak napas, iritasi kulit, iritasi mata, dan penyakit lainnya.

"Dampak lainnya, hilangnya beberapa spesies akibat terbakarnya berbagai spesies endemik flora maupun fauna. Terjadinya pemanasan global akibat asap dan gas yang dikeluarkan, selain itu juga akan menurunkan kemampuan hutan sebagai penyimpan karbon," ujarnya.

Untuk menghindari Karhutla agar tidak  semakin luas, Serda Andi Hakim mengimbau seluruh komponen masyarakat Desa Selemam yang mayoritas sebagai petani dan suka berkebun untuk tidak membuka lahan perkebunan/pertanian dengan cara membakar.

Ia juga mengajak menghindari membuat api unggun di area lahan yang rawan terjadi kebakaran, dan tidak membakar sampah di lahan atau hutan, terlebih pada saat musim kemarau dan angin kencang.

"Melalui sosialisasi ini, saya berharap dapat menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya. (Nard).

= ADAPTIF, PROFESIONAL DAN DICINTAI RAKYAT
Editor : P Sipayung
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel