Gerakan Pangan Murah di Tanjung Pinang, akan Digelar Sepanjang Tahun - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Gerakan Pangan Murah di Tanjung Pinang, akan Digelar Sepanjang Tahun

Gerakan Pangan Murah di Tanjung Pinang, akan Digelar Sepanjang Tahun
Suasana Pj Wako Tj Pinang (topi hitam) Belanja Di Gerai Tani (foto by ist/infokepri)

TANJUNG PINANG, Infokepri.com - Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Tanjung Pinang, Hasan,S.Sos meninjau pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3).

GPM yang digelar DP3, dalam rangka pengendalian inflasi, karena Tanjung Pinang bukan daerah penghasil sehingga harga komoditas pangan senantiasa harus dijaga.

“Seperti harga cabai saat ini masih fluktuatif dan cenderung agak rendah, ditambah kemarin petani binaan telah mengadakan panen sehingga dapat membantu mengendalikan harga cabai di pasaran,” kata Pj Wako Tanjung Pinang, di Gerai Tani, Jalan Hang Lekir. Minggu, (19/05/2024)

Lanjutnya,, hal penting lainnya yang harus nenjadi perhatian adalah harga beras, sehingga DP3 harus berkoordinasi dengan pihak Bulog Tanjung Pinang untuk membantu penyediaan beras Bulog saat pelaksanaan gerakan pangan murah.

“Kita tahu secara nasional beras Bulog mengalami sedikit kenaikan dan kita sudah negosiasi dengan pihak Bulog untuk ikut menyuplai beras di gerakan pangan murah ini,” terangnya.

Lanjutnya lagi, pengendalian harga pangan tidak hanya dalam bentuk GPM, akan tetapi Operasi Pasar Murah (OPM) juga akan digelar melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin).

Secara rutin, kedua kegiatan itu akan digelar sepanjang tahun dengan jadwal yang telah ditentukan. “Pelaksanaannya juga dilaksanakan langsung di tengah pemukiman warga sehingga tidak menyulitkan warga untuk datang ke lokasi,” katanya.

Lebih lanjut,  seperti gerai pangan di Jalan Hang Lekir, sudah konsisten dilaksanakan sejak beberapa waktu belakang, harga komoditas pangan yang dijual di gerai tersebut juga jauh lebih murah dibanding pasar tradisional lainnya di Tanjung Pinang.

“Kita bisa jual murah di sini karena komoditas pangan langsung dijual oleh para petani sehingga tidak ada biaya distribusi yang besar harus dikeluarkan dan harga dapat ditekan,” ungkapnya.

Berikut komuditi di GPM, diantaranya  cabai di harga Rp 48-50 Ribu per kilogram (Kg), Beras SPHP Rp 58 Ribu per 5 Kg, gula pasir Rp 14 Ribu, tepung terigu Rp 7 Ribu, minyak kita Rp 12.500, telur Rp 50 Ribu per papan, daging kerbau beku Rp 80 Ribu per Kg, beras gajah merah Rp 74 Ribu, dan beras anak koki Rp 64 Ribu. (*)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel