Guna Mencegah Kebakaran, Pekerja Pelabuhan Diajari Gunakan APAR - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Guna Mencegah Kebakaran, Pekerja Pelabuhan Diajari Gunakan APAR

Guna Mencegah Kebakaran, Pekerja Pelabuhan Diajari Gunakan APAR
Suasana Kegiatan Sumulasi Penanggulangan kebakaran (foyoby ist/infokepri 

KARIMUN, Infokepri.com - Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Kabupaten Karimun bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karimun menggelar simulasi penanggulangan kebakaran pada Jumat (3/5)  di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam.

Pada kegiatan tersebut, BPBD dan Damkar Kabupaten Karimun memberikan edukasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada pegawai BUP Kabupaten Karimun dan para pengelola kantin di pelabuhan.

Dirut BUP Karimun, Yuwono mengatakan tujuan simulasi penanggulangan kebakaran ini digelar untuk mengantisipasi jika terjadi insiden kebakaran di kawasan pelabuhan.

“Kawasan pelabuhan memiliki resiko tinggi atau rawan terjadinya kebakaran. Edukasi ini memang dibutuhkan, karena pelabuhan sangat beresiko terjadi kebakaran,” katanya.

"Dengan adanya edukasi ini, jika suatu saat terjadi kebakaran di kawasan pelabuhan maka pegawai BUP Kabupaten Karimun dapat dengan cepat mengatasi kebakaran," tutupnya.

Di tempat yang sama, Kabid Kebakaran BPBD dan Damkar Karimun, Hendra Hidayat mengatakan pada kegiatan simulasi ini, pihaknya memberikan pengenalan dan pelatihan dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

"Diharapkan seluruh pegawai di pelabuhan paham menggunakan APAR, sebab jika terjadi kebakaran maka merekalah orang pertama yang memadamkan api agar tidak membesar," katanya.

"Penanganan kebakaran harus dilakukan dengan tepat dan tidak sembarangan, karena tidak semuanya bisa dipadamkan dengan air. Tentunya penanganannya berbeda, misalnya kebakaran yang disebabkan oleh aliran listrik, itu tidak bisa dengan air, harus menggunakan APAR,” pungkasnya.(Mes)


Editor : Andi Pratama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel