Guna Meningkatkan Kualitas Pekerjaan, Pemprov Bengkulu akan Gelar Job Fair - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Guna Meningkatkan Kualitas Pekerjaan, Pemprov Bengkulu akan Gelar Job Fair

Guna Meningkatkan Kualitas Pekerjaan, Pemprov Bengkulu akan Gelar Job Fair
Suasana Kepala Disnaker Bengkulu Di Ruang Kerjanya (foto by ist/infokepri)
BENGKULU, Infokepri.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemerintahan Provinsi Bengkulu akan meminta seluruh perusahaan di Bengkulu, untuk membuka lowongan pekerjaan dalam Job Fair.

"Kami akan meminta kuota dari perusahaan yang bisa disiapkan untuk membuka lowongan kerja," kata Kepala Disnakertrans Provinsi Bengkulu, Dr. H. Syarifudin, M.Si,. (26/5).

Setelah mendapatkan kuota dari perusahaan-perusahaan, pihaknya akan melakukan klasifikasi terhadap para pencari kerja. Termasuk mempertimbangkan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing perusahaan.

Kemudian membuka pendaftaran untuk menampung para pencari kerja. “Semoga Job Fair dapat membantu para pencari kerja di Bengkulu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat mereka. Apalagi, Job Fair telah menjadi agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Disnakertrans Provinsi Bengkulu,” katanya. 

Berikutnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Win Rizal mengatakan bahwa jumlah angkatan kerja di Bengkulu pada Februari 2024 mencapai 1.116.138 orang. Angka ini mengalami penurunan sebanyak 14.035 orang dibandingkan dengan Februari 2023.

"Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) juga mengalami penurunan sebesar 1,79 persen poin," katanya..

Jumlah penduduk yang bekerja pada Februari 2024 tercatat sebanyak 1.080.744 orang. Lanjutnya ini menunjukkan penurunan sebanyak 13.109 orang dibandingkan dengan Februari 2023.

Lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan persentase terbesar adalah sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, yang naik sebesar 1,88 persen poin.

Sebaliknya, sektor yang mengalami penurunan terbesar adalah sektor Perdagangan Besar dan Eceran, dengan penurunan sebesar 3,15 persen poin. 

"Sebanyak 697.181 orang (64,51 persen) bekerja pada kegiatan informal, angka ini menunjukkan penurunan sebesar 5,47 persen poin dibandingkan dengan Februari 2023," terangnya.

"Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2024 mencapai 3,17 persen, menunjukkan penurunan 0,04 persen poin dibandingkan dengan Februari 2023," terangnya lagi.

Meskipun TPT menurun, persentase pekerja setengah penganggur naik sebesar 0,80 persen poin, dan persentase pekerja paruh waktu naik sebesar 1,63 persen poin dibandingkan dengan Februari 2023.

"Hal ini perlu menjadi perhatian agar kualitas pekerjaan di Bengkulu dapat terus ditingkatkan." Ungkapnya.

"Dengan adanya Job Fair ini, diharapkan para pencari kerja di Bengkulu dapat menemukan peluang pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan keinginan mereka. Sehingga angka pengangguran dapat terus ditekan dan kualitas kehidupan masyarakat Bengkulu dapat ditingkatkan," pungkasnya.

Job Fair ini bukan hanya menjadi solusi sementara, tetapi juga langkah strategis untuk masa depan ketenagakerjaan di Bengkulu.  (Aina)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel